Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siklon Tropis Dahlia, Lebih Kuat dan Tahan Lama Dibandingkan Cempaka

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, berkata bahwa siklon tropis Dahlia bakal lebih kuat dan lebih awet dibandingkan Cempaka.

Pergerakan siklon tropis Dahlia sekitar 12 km/jam ke arah timur tenggara sementara kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 75 km/hjam.

“Besok akan mengikat lagi intensitasnya. Meski pergerakan siklon tropisnya bergeser 7 knot atau 12 km per jam tapi kecepatannya angin maksimum di pusat siklon bisa sampai 85 km per jam,” kata Mulyono.

Menurut Mulyono, posisi siklon tropis Dahlia yang berada di tengah laut juga akan membuat fenomena ini lebih awet dibandingkan Cempaka.

Baca Juga : Siklon Tropis Cempaka Luruh, Kini Siklon Baru Bernama Dahlia Lahir

Hal itu terjadi karena sumber energi dari siklon berasal dari suhu muka laut yang lebih hangat. Menurut Mulyono, siklon tropis Dahlia mungkin bisa bertahan 5-7 hari ke depan.

Bagaimana dengan dampak ke daratan utama? Tak berarti lebih besar dari Cempaka. Siklon tropis Cempaka menimbulkan dampak besar karena tempat lahirnya yang sangat dengan daratan.

Siklon tropis Dahlia tercipta pada 8,2 derajat Lintang Selatan dan 10,8 derajat Bujur Timur atau sekitar 470 Km sebelah di barat daya Bengkulu. Sementara Cempaka hanya berjarak 100 km dari daratan.

Meskipun demikian, BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah cuaca ekstrem, khususnya masyarakat yang beraktivitas di laut.

BMKG juga meminta masyarakat untuk tidak berlindung di bawah pohon selama cuaca ekstrem mengingat banyaknya pohon yang tumbang akibat siklon.

Baca Juga : Banjir di Yogyakarta, Apakah Cuma gara-gara Siklon Cempaka?

https://sains.kompas.com/read/2017/11/29/210638623/siklon-tropis-dahlia-lebih-kuat-dan-tahan-lama-dibandingkan-cempaka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke