Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Detik-detik Mengerikan Ular Piton Memuntahkan Biawak

KOMPAS.com - Ular telah lama diketahui sering memangsa hewan besar, tak terkecuali ular piton raksasa di Thailand ini.

Sebuah video yang sempat viral beberapa waktu lalu menunjukkan seekor ular piton raksasa di Thailand memuntahkan kembali seekor biawak yang berukuran setengah badannya di dalam perjalanan menuju cagar alam.

Menurut laporan dari media lokal, ular tersebut ditemukan dalam gorong-gorong rumah seorang warga dan petugas satwa liar pun dipanggil untuk menangkapnya.

Namun, ular tersebut tersangkut di dalam karena tubuhnya yang membuncit. Para petugas pun terpaksa menjebol gorong-gorong hanya untuk mengeluarkan si ular.

Rupanya, ular piton ini baru saja menelan seekor biawak. Ia pun jadi kesulitan melarikan diri atau pun melawan sergapan para petugas yang akan membawanya ke cagar alam karena keberatan badan.

Pasalnya, setelah makan "besar" adalah waktu terburuk bagi seekor ular untuk diserang. Ular piton yang tidak mempunyai gigi untuk mengunyah makanannya harus menelan mangsanya bulat-bulan dan menunggu beberapa minggu hingga enzim perut selesai mencerna. 

"Ketika mereka menelan sesuatu yang relatif besar, itu bisa membuat mereka kurang bisa bergerak. Jadi saat diserang, adalah hal biasa bagi mereka untuk memuntahkan makanannya," kata Max Nickerson, kurator herpetologi di Museum Sejarah Alam Florida dikutip dari National Geographic, Rabu (22/11/2017).

Walaupun kebiasaan ini terjadi pada berbagai jenis ular, ular piton biasanya memuntahkan hal-hal yang paling mengejutkan karena ukuran tubuhnya yang besar.

Dalam video berdurasi dua menit 40 detik tersebut, ular piton memuntahkan biawak di bak mobil petugas satwa liar. Butuh perjuangan ekstra untuk membuat kadal abu-abu itu keluar seutuhnya dari perut piton.

Ketika ditangkap di gorong-gorong, ujung ekor biawak masih bisa terlihat dari mulut ular. Namun, bentuk biawak baru terlihat ketika ular ini bergerak mundur perlahan-lahan dan melepaskan tubuh kadal sedikit demi sedikit. Akhirnya, tersisa bangkai seekor kadal yang masih utuh di samping ular.

Sebelumnya, pernah juga ada kasus ular piton yang memuntahkan antelop. Bahkan di Indonesia sendiri, pernah ada kasus ular piton menelan seorang manusia bulat-bulat.

Berikut adalah video ular memuntahkan biawak:

https://sains.kompas.com/read/2017/11/23/181800623/detik-detik-mengerikan-ular-piton-memuntahkan-biawak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke