Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Foto Kapel Tengkorak di Reddit, Ini Sejarahnya

KOMPAS.com- Sebuah kapel di Portugal menjadi pusat perhatian banyak orang. Bahkan, 20.000 warganet sudah mengunjunginya lewat situs Reddit.

Apa yang membuat kapel ini mencuri perhatian para warganet?

Kapel tersebut menarik perhatian dan viral karena bentuknya yang menyeramkan. Bahkan kapel ini dijuluki dengan nama "Kapel Tengkorak" karena dindingnya berhiaskan tengkorak manusia.

Kapel dengan 5.000 tengkorak manusia tersebut adalah Capela dos Ossos yang merupakan bagian dari kompleks Gereja Igreja de Sao Francisco di Evora, Portugal.

Dikutip dari laman LiveScience, Kamis (2/11/2017) para biarawan dari ordo Fransiskan di Gereja Igreja de Sao Francisco mulai menata tengkorak-tengkorak tersebut pada abad 16. Alasan para biarawan melakukan hal itu karena tidak ada lagi lahan tersisa di lokasi pemakaman milik gereja.

Para biarawan akhirnya memutuskan untuk menggali kuburan yang sudah tua, kemudian mengambil tengkoraknya untuk diawetkan dan simpan dalam osuari atau peti batu yang diperuntukkan menyimpan tulang-tulang jenasah.

Biarawan menata ribuan tengkorak tersebut untuk pelayanan doa arwah bagi umat saat peringatan hari kebangkitan. Selain itu, tulang-tulang tesebut menjadi pengingat bagi yang sudah hidup terhadap kematian.

Sebuah tulisan tentang kematian, tertulis di pintu masuk kapel tersebut. "Nós ossos que aqui estamos, pelos vossos esperamo," yang artinya kurang lebih "Tulang belulang kami berada di sini, menunggu milikmu".

Pastor Kepala Gereja Igreja de Sao Francisco pada tahun 1840, Antonio da Ascenção Teles, menuliskan sebuah puisi yang ditulis di tembok dalam kapel. Ini salah satu bait puisi tersebut, "Recall how many have passed from this world, Reflect on your similar end, There is good reason to reflect, If only all did the same." (Ingat berapa banyak yang meninggalkan dunia ini, Renungkanlah semua akan berakhir sama, Ada alasan bagus mengapa harus direnungkan, Seandainya semua orang melakukan hal yang sama.").

Para biarawan Fransiskan tersebut juga pernah memajang jenasah hasil mumifikasi, dengan cara digantung dari atap kapel dengan menggunakan tali. Namun, saat ini jasadnya sudah dipindah dan disimpan di dalam peti kaca.

Tak Hanya di Portugal

Kapel di Portugal tersebut ternyata bukan satu-satunya kapel yang menyimpan tengkorak. 3.700 tengkorak milik biarawan Ordo Capuchin menghiasi dinding di Kapel Capuchin Crypt di Roma.

Kapel tersebut dibangun pada abad 17. Di salah satu ruangan kapel, sebuah tengkorak dipajang dengan menggunakan jubah dan membawa sabit dan timbangan, sebagai simbol kematian dan penghakiman.

Selain di Roma, juga ada 40 ribu tengkorak menghiasi bangunan gereja Sedlec Ossuary di Kutna Hura, Republik Ceko. Gereja yang dibangun tahun 1.400 tersebut dibangun di lokasi yang sudah ditaburi tanah suci dari Gereja Holy Sepulchre, Yerusalem. Lokasi gereja tersebut dipercaya menjadi lokasi penyaliban Yesus.

https://sains.kompas.com/read/2017/11/10/181200723/viral-foto-kapel-tengkorak-di-reddit-ini-sejarahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke