Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Hewan-hewan yang Menantang Maut Melawan Ular dan Akhirnya Menang

KOMPAS.com -Ular dianggap mengerikan oleh manusia sedemikian sehingga seolah-olah tak ada yang bisa mengalahkannya.

Namun kenyataannya, di alam liar, ular kerap kalah oleh makhluk lain. Bahkan, ular kalah dan dilahap oleh hewan yang sebenarnya bukan pemangsanya.

Sejumlah dokumentasi menunjukkan bahwa hewan-hewan tertentu berani menantang maut dengan menghadapi ular berbisa maupun ular yang mengandalkan kekuatan belitannya.

Berikut beberapa contohnya:

Tarantula merobek tubuh ular di alam liar

Fenomena ini terjadi di Brasil. Leandro Malta Borges bersama teman-temannya, warga biasa, melihat kejadian tersebut saat sedang berjalan di padang rumput, Brasil Selatan, tepat dua tahun lalu (23/10/2015).

Di bawah batu, mereka menemukan seekor spesies ular Erythrolamprus almadensis terkolek dengan bagian depan dan tengah tubuh robek mendekati hancur karena ulah spesies tarantula besar yang disebut Grammostola quirogai. Tubuh tarantula masih ada di atas ular.

Terkait fenomena ini, peneliti telah menerbitkan artikel dalam Herpetology Notes pada Desember 2016. "Untuk membunuh ular itu, tarantula pasti memegang taringnya yang berukuran 0,8 inci," tulis peneliti.

Tikus pemberani menyelamatkan anaknya dari ular lapar

Rojas Montecino Evy mengunggah video aksi tikue melawan ular ini dalam akun Facebooknya.

Di dalam video berdurasi 53 detik itu, terlihat jelas bagaimana tikus sangat berani melawan ular panjang saat dia mencengkeram dan membawa lari anaknya.

Induk tikus ini terus mengejar ekor ular, sampai ular menyerah dan melepaskan anak tikusnya.

Meski ular telah pergi, si tikus masih berlari melihat sekeliling untuk memastikan semuanya aman, dan tidak ada lagi yang mengganggu anaknya.

Ini di luar kebiasaan. Umumnya, ular selalu memakan tikus.

Kobra vs Mongoose

Di padang gurun India masih kerap ditemukan ular kobra. Mereka mampu menunggu lama sampai buruan datang.

Di tempat yang sama pula, ada predator mongoose (mamalia pengerat, mirip dengan luwak, musang, tikus). Tidak mau kalah, keduanya berakhir pada sebuah pertarungan sengit dan cukup singkat.

Kobra dengan kepalanya yang sudah mekar, siap menggigit mongoose. Tidak mau kalah, mongoose juga siap menyerang. Dengan kecepatannya, mongoose menggigit kepala kobra yang lengah. Kobra yang sudah tidak berdaya itu berkahir menjadi santapan mongoose.

Centipede vs Ular

Hewan berkaki banyak yang masuk dalam kelas Artropoda ini biasanya memangsa serangga yang lebih kecil darinya. Misalnya belalang. Tapi, hal ini tidak selalu terjadi.

National Geographic pernah mengabadikan momen perkelahian kelabang dengan ular bermata hitam. Siapakah yang akan memenangkan pertarungan?

Saat ular mendekati kelabang, dua hewan ini tanpa ragu langsung saling serang. Mereka bergulat di tanah dan saling mengunci musuh. Perkelahian itu tidak berlangsung lama.

Meski kelabang cukup berani, sayang pertarungan ini tetap dimenangkan ular. Dalam waktu singkat, ular membuktikan diri bahwa dirinya jauh lebih kuat dalam melilit musuhnya

https://sains.kompas.com/read/2017/10/23/204836923/kisah-hewan-hewan-yang-menantang-maut-melawan-ular-dan-akhirnya-menang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke