Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terekam Video, Dua Singa Jantan Ini Didepak dari Kawanannya

KOMPAS.com -- Seorang pemandu safari dan beberapa wisatawan sedang menyaksikan seekor singa menyerang zebra di Pilanesberg Game Reserve, Afrika Selatan, ketika tiba-tiba situasi berubah tak terduga. 

Setelah singa betina sukses membunuh zebra yang teluka untuk disantap kawanannya, para singa betina dari kelompok tersebut berbalik melawan dua singa jantan muda. Mereka mengusir mereka keluar dari kawanan dan menolak untuk berbagi hasil buruan. 

"Perburuan selesai dalam beberapa saat, dan seluruh anggota kawanan tampak bergabung dalam pesta hasil buruan," kata Rodney Nombekana, sang pemandu safari.

Dia melanjutkan, ada dua singa jantan muda dalam kawanan tersebut, dan keduanya telah mencapai usia ketika mereka sudah harus disingkirkan dari kawanan. Mungkin karena inilah mereka diserang.

Meski setiap singa jantan muda pasti mengalami kejadian ini, tetapi manusia sangat jarang bisa menyaksikannya secara langsung. 

Kedua singa tersebut diusir dari kelompoknya sesaat setelah zebra dibunuh. Adanya pasokan makanan mungkin mendorong para singa betina untuk mengusir dua singa jantan.

Para singa jantan biasanya meninggalkan kawanan mereka saat masih berusia muda dan membentuk kawanannya sendiri. Sering kali, mereka bertarung dengan singa jantan dari kawanan lain untuk mencoba merebut kedudukannya. Tiap-tiap kawanan bisa memiliki hingga tiga singa jantan.

Sementara itu, para singa betina tetap bertahan dalam kawanan mereka seumur hidup, dan semua singa betina dalm satu kawanan saling terhubung.

Artikel ini sudah pernah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Langka Terlihat, Singa Jantan Diusir Betina dari Kawanannya

https://sains.kompas.com/read/2017/09/15/080600923/terekam-video-dua-singa-jantan-ini-didepak-dari-kawanannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke