Salin Artikel

NASA Cari Staf Pelindung Bumi dari Alien, Inilah Tawaran Gajinya

Lowongan yang terbuka bagi warga Amerika Serikat dengan deadline 14 Agustus 2017 itu dibuka demi tujuan mempersiapkan diri dengan kemungkinan ancaman dari luar angkasa.

Tugasnya kurang lebih adalah menghindarkan astronot dan robot dari ancaman kontaminasi material organik dan biologi selama perjalanan luar angkasa.

Penasaran dengan gajinya? Dalam pengumumannya, NASA menawarkan rentang gaji Rp 1,7 - 2,5 miliar per tahun, alias mencapai Rp 100-an juta per bulan.

Setiap staf yang berhasil lolos bisa menjalani masa percobaan selama setahun. Karyawan lalu akan dikontrak selama 3 tahun dan kemungkinan bisa diperpanjang 2 tahun kemudian.

Selama bekerja, staf akan menyusun sejumlah misi terkait kehidupan di luar angkasa, salah satunya mencari tanda-tanda kehidupan di Europa, bulan Jupiter.

"Staf Perlindungan Planet bertanggung jawab pada misi perlindungan NASA, menyusun kebijakan perlindungan, dan mengawasi jalannya misi antariksa NASA," demikian dinyatakan di situs NASA, Juli.

Setara dengan gajinya yang besar, orang yang menjadi staf nanti akan bekerja keras, bukan cuma untuk NASA tapi badan-badan yang bekerjasama dengannya.

Lowongan dibuka bagi mereka yang lulus S-1 dari jurusan fisika, matematika, dan teknik dengan minimal 24 SKS di mekanika, dinamika, elektronika, dan beberapa bidang yang masuk fisika murni.