Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukti Baru Mengonfirmasikan Pembakaran Yerusalem oleh Babilonia

KOMPAS.com -- Para arkeolog yang sedang menggali Kota Daud di Yerusalem menemukan bukti mengejutkan yang mengonfirmasikan kebenaran kisah-kisah di Alkitab mengenai pembakaran Yerusalem oleh Babilonia atau Babel pada tahun 587 Sebelum Masehi.

Dijelaskan dalam video resmi dari Otoritas Barang Antik Israel, para arkeolog menemukan sederet bangunan di bawah tumpukan bebatuan sebelah timur Kota Daud, tepat di luar dinding Yerusalem.

Bangunan-bangunan tersebut berisi tembikar, kayu, biji anggur, dan tulang-tulang hangus yang diselimuti oleh abu.

Selain itu, para arkeolog juga menemukan pecahan lusinan kendi yang digunakan untuk menyimpan biji-bijian dan cairan. Beberapa di antaranya dihiasi dengan pegangan yang dicap dan segel berbentuk mawar.

Menggunakan hiasan tersebut, mereka pun mengonklusikan bahwa artefak-artefak ini berasal dari 2.600 tahun yang lalu. “Segel ini sangat khas di akhir Periode Bait Pertama. Mereka digunakan oleh sistem administrasi yang baru dikembangkan di akhir dinasti Yudea,” ujar Dr Joe Uziel yang memimpin penggalian di dalam video tersebut.

Dikombinasikan dengan penemuan mata panah Babilonia pada penggalian sebelumnya, temuan ini pun membuktikan adanya pembakaran di Yerusalem oleh Babilonia seperti yang dikisahkan dalam 2 Raja-raja bab 25 ayat 8-9:

“Dalam bulan yang ke lima pada tanggal tujuh bulan itu--itulah tahun kesembilan belas zaman raja Nebukadnezar, raja Babel--datanglah Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, pegawai raja Babel, ke Yerusalem. Ia membakar rumah Tuhan, rumah raja dan semua rumah di Yerusalem; semua rumah orang-orang besar dibakarnya dengan api.”

Walaupun ada beberapa bangunan yang dihancurkan dalam kejadian tersebut, Dr Uziel berkata bahwa beberapa lainnya ditinggalkan oleh para penduduk begitu saja.

Kini, tugas para peneliti adalah untuk mengungkapkan fungsi sebenarnya dari gedung-gedung yang berada di luar dinding Yerusalem tersebut ketika masih digunakan, dan mengapa beberapa dibakar sementara lainnya tidak.

https://sains.kompas.com/read/2017/08/01/091000623/bukti-baru-mengonfirmasikan-pembakaran-yerusalem-oleh-babilonia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke