Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini untuk Atasi Nyeri Sendi yang Memburuk di Udara Dingin

Kompas.com - 24/01/2017, 20:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk beberapa orang dengan rheumatoid arthritis, cuaca dingin dapat menambah rasa nyeri dan sakit mereka. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang mampu menjelaskan hubungan antara peningkatan rasa nyeri dengan cuaca dingin tersebut.

"Mungkin, itu karena cuaca yang suram. Kita tahu bahwa cuaca yang suram bisa menyebabkan depresi, yang terkait erat dengan rasa sakit," kata Kimberly Bennett, PhD, PT, dosen rehabilitasi medis Washington University.

"Selain itu, orang juga cenderung malas bergerak saat cuaca buruk, padahal aktivitas fisik dapat membantu mengontrol rasa sakit," tambah Dr. Bennett lagi.

"Setelah melihat uji klinis, tidak ditemukan hubungan antara cuaca dan nyeri arthritis," kata Abby Abelson, MD, ketua departemen penyakit rematik dan imunologi di Cleveland Clinic di Ohio.

Tapi, peningkatan rasa nyeri penderita rheumatoid arthritis (RA) ketika menghadapi cuaca dingin, tidak bisa dianggap tidak nyata.

"Setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa bertambah sakit dan ada yang justru berkata, rasa sakitnya berkurang atau tetap," kata Dr Abelson. Bagi mereka yang merasakan nyeri RA-nya bertambah saat cuaca dingin, inilah trik untuk meringankannya.

1. Olahraga

"Saya selalu merekomendasikan aktivitas fisik," kata Abelson. Hindari latihan high impact, pilih latihan peregangan dan kelenturan. Olahraga air juga bagus untuk mengurangi rasa sakit karena RA.

2. Tidur

"Tidur dan nyeri berhubungan erat," kata Bennett. Penelitian menunjukkan, kurang tidur dapat memerburuk rasa nyeri dan suasana hati pasien RA. Sebaliknya, cukup tidur akan meringankannya.

3. Mengelola stres dengan baik

Stres emosional juga bisa memerburuk rasa sakit. Cobalah teknik relaksasi, biofeedback, atau meditasi untuk mengatasi stres.

4. Gunakan pemanas

Bantal pemanas atau mandi air hangat dapat mengontrol rasa sakit rheumatoid arthritis.

5. Pakai baju hangat dan kaus kaki

Anda tak bisa mengubah cuaca. Tapi, Anda bisa menghangatkan diri sendiri dengan memakai pakaian berlapis, sweater atau jaket, selimut, dan kaus kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com