Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redakan Nyeri Sendi dengan Tetap Aktif di Cuaca Dingin

Kompas.com - 29/11/2016, 17:51 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Musim hujan dan cuaca dingin memberikan tantangan tersendiri bagi orang-orang dengan arthritis. Nyeri sendi semakin sering muncul dan rasa sakitnya nyaris tak tertahankan.

Bila Anda memiliki arthritis, olahraga atau tetap aktif bukanlah suatu pilihan, melainkan penting untuk terus dilakukan.

"Benar-benar penting bagi orang-orang dengan arthritis untuk tetap aktif secara fisik," kata Patience White, MD, profesor kedokteran dan pediatri di George Washington University. "Untuk kesehatan sendi, Anda harus bergerak agar jaringan di sekitar sendi menjadi kuat."

Tapi banyak orang dengan nyeri arthritis cenderung tidak berolahraga. Ada satu studi yang mengatakan, hanya 13 persen dari laki-laki dan delapan persen wanita dengan arthritis yang berolahraga sesuai rekomendasi ahli (setidaknya 150 menit seminggu).

Dorongan untuk duduk saja di rumah semakin kuat saat cuaca sedang dingin dan sebenarnya ini membuat nyeri sendi menjadi lebih buruk. Ketika cuaca berubah, jaringan di sekitar sendi bertambah luas, menambah tekanan pada sendi sehingga menambah derajat rasa sakit.

Tip agar tetap aktif di musim dingin

1. Berjalan-jalan di mal.

Terlalu dingin untuk berjalan di udara luar, apalagi jika sedang hujan? "Mal ini tempat yang bagus untuk berjalan-jalan karena udaranya lebih hangat dibanding di luar. Meski memakai AC, banyaknya manusia yang ada di dalam mal membuat cuacanya lebih hangat," kata Irene Blanco, MD, profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine dan rheumatologist di Montefiore Medical Center.

2. Berenang di dalam ruangan.

Berenang adalah latihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan nyeri arthritis, karena tekanan air membuat sendi lebih mudah digerakkan dan dapat meningkatkan jangkauan gerak Anda.

3. Berolahraga di rumah.

Jika Anda tidak menyukai dua opsi di atas, Anda bisa tetap di rumah, namun jangan hanya duduk menonton TV. Bergeraklah, lakukan senam ringan yang menjangkau seluruh persendian Anda.

4. Hubungi klub arthritis di daerah Anda.

Klub adalah tempat yang sangat baik untuk saling bertukar pengalaman dengan sesama penderita arthritis dan berolahraga bersama.

Kebanyakan klub memiliki kelas olahraga khusus yang bisa Anda ikuti dalam rangka tetap aktif secara fisik. memeriksa kelas dalam ruangan selama musim dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com