Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Memaksakan Diri Tersenyum, Senyum Tidak Jamin Kebahagiaan

Kompas.com - 05/07/2019, 11:00 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjuran untuk tersenyum agar bisa merasa senang, ternyata tak sepenuhnya benar. Penelitian terbaru mengungkap ternyata tersenyum tak terlalu berpengaruh pada kebahagiaan.

Penelitian yang disusun oleh Nick Coles, kandidat Ph.D psikologi sosial Universitas Tenessee, mengamati data selama 50 tahun dan 300 eksperimen soal raut wajah.

Hasilnya, jika 100 orang tersenyum, hanya tujuh yang merasa lebih bahagia. Penelitian yang dipublikasikan di Psychological Bulletin ini juga memuat efek dari raut wajah lainnya.

Rupanya, cemberut juga tak terlalu berpengaruh pada perasaan tidak menyenangkan.

"Efeknya sangat kecil," kata Coles seperti dikutip dari NPR.org.

Efek senyum pada kebahagiaan mulau diperdebatkan beberapa tahun lalu. Pasalnya, banyak penelitian yang gagal membuktikannya.

"Perdebatannya sudah berlangsung setidaknya 100 tahun sejak awal kemunculan psikologi," kata Coles.

Klaim senyum bisa membuat bahagia pertama diteliti pada 1988. Penelitian itu meminta responden untuk menaruh pulpen di antara giginya, sehingga wajah berbentuk seperti senyum. Para responden tak menyadari mereka sedang tersenyum dan mengira sedang memeragakan cara penyandang disabilitas menulis dengan mulut.

Baca juga: Kebahagiaan Punya Pasangan Tercermin dari Mata, Sains Membuktikannya

"Itu penelitian pertama yang menunjukkan senyum bisa mempengaruhi perasaan bahkan ketika responden tak sadar mereka sedang tersenyum," ujar Coles.

Ketika makin banyak penelitian yang gagal mereplikasinya, kesimpulan itu menjadi perdebatan. Hanya ada satu penelitian di Israel yang mampu mereplikasinya karena responden tidak sadar sedang diamati atau direkam.

Senyum palsu

Paula Niedenthal, psikolog Universitas Wisconsin-Madison mengatakan klaim senyum membuat bahagia cukup rumit. Hasil yang berbeda antara penelitian satu dengan lainnya bisa jadi karena ada banyak jenis senyum.

"Tidak semua senyuman tulus senyuman bahagia," kata Niedenthal.

Baca juga: “Emoji” Senyum Ditemukan pada Kendi Berusia 4.000 Tahun

Ada senyum sarkas seperti menyindir, ada senyum berseri-seri, ada juga senyum meringis. Ada banyak gaya tersenyum, dan perlu direplikasi tanpa paksaan pulpen.

Meski sebagian besar penelitian menunjukkan tak ada salahnya tersenyum, ada penelitian yang menyimpulkan terlalu sering memaksa senyum bisa berdampak negatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com