Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Dehidrasi, Patuhi Aturan Minum Saat Sahur dan Buka Puasa Ini

Kompas.com - 08/05/2019, 10:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Haus, ini adalah keluhan paling umum bagi orang yang berpuasa. Terkadang Anda malah lebih bisa menahan rasa lapar dibandingkan dengan rasa haus.

Tidak heran, pada saat jam berbuka puasa, Anda langsung mencari minuman entah itu minuman manis atau air putih untuk melepaskan rasa dahaga.

Sebelum Anda menenggak minuman secara sembarangan, apakah Anda sudah tahu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa?

Baca juga: Agar Tak Lapar saat Puasa, Ahli Sarankan Lakukan Hal Ini

Pentingnya minum air putih pada waktu berbuka puasa hingga sahur

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup saat berpuasa.

Air putih juga mampu mengatasi rasa haus di jam puasa jika Anda mengetahui aturan minum air putih yang benar waktu berbuka puasa dan pada saat jam sahur.

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein.

Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu. Jadi, air putih adalah pilihan paling tepat yang harus Anda pilih untuk banyak diminum sesuai aturan dari waktu berbuka puasa hingga waktu imsyak tiba.

Mengapa demikian?

Ini karena air putih dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Sehingga puasa Anda akan tetap berjalan lancar.

Minum air putih juga membantu memberikan energi pada otot. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Kekurangan air putih pada saat puasa akan menyebabkan Anda menjadi gampang lelah.

Banyak minum air putih juga membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Air putih terbukti jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Air putih juga membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urin dan kotoran saat Anda berpuasa.

Bagaimana aturan minum saat sahur dan berbuka puasa agar tidak kekurangan cairan?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com