Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Temukan Kuburan Viking Kuno di Norwegia

Kompas.com - 29/03/2019, 11:27 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Para arkeolog telah menemukan situs yang diyakini sebagai makam kapal Viking di wilayah Norwegia yang dikenal menyimpan berbagai penemuan berharga dari Viking, kata para pejabat pemerintahan Norwegia pada Senin (25/3), kantor berita AFP melaporkan.

Menggunakan radar penembus tanah (GPR), para ahli menemukan anomali berbentuk kapal di dekat gundukan pekuburan Viking lainnya di Taman Borre di daerah Vestfold, di tenggara Oslo.

"Data GPR jelas menunjukkan bentuk kapal, dan kami bisa melihat jejak samar dari depresi melingkar di sekitar kapal. Ini menunjukkan adanya gundukan yang kemudian dihilangkan," kata Terje Gansum, Kepala Departemen Manajemen Warisan Budaya di daerah Vestfold dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Arkeolog 13 Tahun Temukan Harta Karun dari Zaman Viking

Gambar hasil georadar (GPR, radar penembus tanah) menunjukkan situs makam kapal dari zaman Viking ditemukan di Borreparken, Vestfold, Norwegia, 25 Maret 2019. Gambar hasil georadar (GPR, radar penembus tanah) menunjukkan situs makam kapal dari zaman Viking ditemukan di Borreparken, Vestfold, Norwegia, 25 Maret 2019.

Dia mengatakan para peneliti akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mencoba menilai ukuran temuan yang disimpan.

Sejauh ini hanya ada tujuh makam kapal yang berasal dari zaman Viking (800-1050) di Eropa, termasuk tiga situs yang terletak di Vestfold.

Satu situs makam kapal Viking lainnya diyakini telah ditemukan di Jellestad, bagian tenggara Norwegia tahun lalu.

Selama era Viking, ketika para pelaut bangsa Norwegia yang berasal dari Eropa Utara datang untuk menyerbu dan berdagang, para pejabat tingkat tinggi biasanya dimakamkan di dalam kapal bersama dengan harta bendanya bahkan sisa lembu atau kuda yang mereka miliki.

Kemudian kapal itu akan ditutup dengan gundukan tanah.

"Penemuan kapal Viking baru di Vestfold adalah peristiwa bersejarah yang akan menarik perhatian internasional," kata Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Ola Elvestuen.

Baca juga: Tulisan “Allah” dan “Ali” Ditemukan pada Pakaian Pemakaman Viking

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com