Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Diobati Hingga Tuntas, Mungkinkah Penyakit Kelamin Bisa Kambuh?

Kompas.com - 16/03/2019, 16:05 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Beberapa penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, sipilis, dan trikomoniasis dapat diobati dan disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Meskipun sudah sembuh, beberapa orang sering kali masih takut akan terkena penyakit kelamin yang sama dua kali.

Namun, mungkinkah penyakit menular seksual kambuh lagi walaupun sudah diobati hingga tuntas sebelumnya?

Jawabannya adalah ya. Walaupun sudah diobati dan dinyatakan sembuh, Anda ternyata masih berisiko terkena penyakit kelamin yang sama.

Meski begitu, dilansir dari Very Well Health, hal ini tergantung dari jenis penyakit kelamin yang Anda alami sebelumnya.

Baca juga: Lebih dari 5.000 Anak di Inggris Kena Penyakit Kelamin

Bisa Kambuh

Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi berulang kali, contohnya klamidia, gonore, sipilis, bacterial vaginosis, dan trikomoniasis.

Sementara itu, jika Anda terkena penyakit HIV, herpes oral, atau herpes genital, biasanya penyakit ini akan terus menular seumur hidup.

Selain tergantung jenis penyakitnya, ada beberapa hal lain yang membuat Anda berisiko terkena penyakit kelamin yang sama meskipun sudah sembuh.

1. Minum obat yang salah 

Setiap penyakit kelamin disebabkan oleh patogen yang berbeda, sehingga pengobatannya juga berbeda. Antibiotik mungkin ampuh mengobati sipilis, tapi tidak untuk jenis penyakit kelamin yang lain.

2. Tidak menghabiskan obat

Menyisakan antibiotik yang seharusnya dihabiskan bisa membuat Anda terkena penyakit kelamin berulang dan susah sembuhnya.

3. Melakukan hubungan seks tidak aman

Berhubungan seks tanpa kondom, ditambah lagi dengan pasangan yang terinfeksi, meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kelamin yang sama dua kali.

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Kambuh

Bakteri dan parasit penyebab infeksi menular seksual sebetulnya relatif mudah diobati. Namun dengan catatan, Anda wajib mematuhi seluruh aturan yang disarankan oleh dokter.

Baca juga: 4 Penyakit Menular Seksual Super Baru yang Dikhawatirkan Para Ahli

Hal ini bertujuan supaya Anda dan pasangan bisa sembuh total dan tidak terkena penyakit kelamin yang sama untuk kesekian kalinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com