Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Untuk Sebut "Start Up", 5 Pengertian Lain Unicorn

Kompas.com - 19/02/2019, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pasca debat capres pada Minggu (17/02/2019) malam, kata unicorn menjadi banyak dicari. Kata Unicorn yang disebut dalam debat tersebut merujuk pada perusahaan rintisan (start up) yang mendapatkan pendanaan hingga satu miliar dollar AS.

Tapi tahukah Anda, kata unicorn sendiri bisa merujuk pada berbagai pengertian? Kompas.com merangkumkan 5 pengertian unicorn dari urban dictionary yang sering digunakan.

1. Gadis Idaman

Kata unicorn bisa diartikan sebagai gadis idaman yang dianggap sempurna oleh seorang laki-laki. Biasanya kata unicorn digunakan untuk menunjukkan bahwa gadis idaman adalah sesuatu yang langka dan sulit didapatkan.

Contoh kalimat: Kawan, kurasa aku baru saja menemukan unicorn-ku. Bagaimana aku bisa berbicara dengannya?

Baca juga: Unicorn, Hak Ulayat, hingga Biofuel, 10 Istilah dalam Debat Capres Kedua

2. Satu butir jagung

Jagung dalam bahasa Inggris adalah corn. Untuk menyebut satu butir biji jagung, beberapa orang sering menggunakan kata unicorn.

Contoh kalimat: saya makan satu butir unicorn.

3. Pasangan yang Tepat

Mencari pasangan yang benar-benar tepat sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sangat sulit. Karena itu, pasangan yang tepat sering juga diibaratkan sebagai unicorn.

Selain itu, istilah unicorn digunakan karena pasangan yang didapatkan dianggap bisa memberikan energi magis dalam hidup seseorang.

Contoh kalimat: Saya bertemu unicorn. Namanya Linda.

4. Kuda Bertanduk

Di luar pengertian-pengertian di atas, kata unicorn sebenarnya adalah hewan mitologi berbentuk kuda memiliki satu tanduk di atas kepalanya.

Tanduk unicorn dianggap memiliki khasiat untuk menetralkan racun dan menyembuhkan penyakit apapun. Makhluk ini hanya berupa mitos belaka.

5. Orang yang Sempurna

Unicorn juga digunakan untuk merujuk orang yang secara teoretis memiliki kualitas begitu ideal dalam berbagai konteks. Orang seperti ini dianggap sangat langka hingga disebut unicorn.

Baca juga: 350 Tahun Lalu Orang Jerman Percaya Ini adalah Unicorn, Faktanya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com