Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan 197 Hari di Luar Angkasa, Astronot Ini Harus Belajar Berjalan

Kompas.com - 26/12/2018, 19:19 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Seorang astronot NASA baru-baru ini membagikan pengalamannya belajar berjalan kembali setelah menghabiskan waktu lama di luar angkasa.

Astronot bernama A. J (Drew) Feustel itu baru saja kembali ke Bumi dari misi uji coba lapangan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Feustel yang menghabiskan 197 hari di ISS kini harus kembali beradaptasi dengan gravitasi Bumi.

Menghabiskan waktu yang lama di luar angkasa bukan tanpa "bayaran". Setelah mengalami nol gravitasi dalam jangka waktu lama membuat tugas sederhana seperti berjalan menjadi sulit bagi Feustel.

Dalam video berdurasi 25 detik itu, Feustel tampak sangat rapuh dalam perjuangannya berjalan. Padahal, dia hanya berjalan dalam jarak pendek.

Baca juga: 50 Tahun Lalu, Astronot NASA Kirim Hadiah Natal Abadi dari Bulan

Di samping kanan dan kiri bersiap beberapa orang yang menjaganya agar tidak terjatuh. Beberapa orang lain terlihar sibuk merekam dan memberikan perintah atas yang dilakukan Feustel.

Uniknya lagi, Feustel bahkan kesulitan untuk berjalan lurus.

Ketika membagikan videonya, Feustel memberikan keterangan "Selamat datang di rumah #SoyuzMS09! Pada 5 Oktober beginilah penampakan saya berjalan menggunakan tumit dalam mata tertutup setelah 197 hari di @Space_Station selama eksperimen uji coba... Saya berharap kru yang baru kembali merasa jauh lebih baik. Kredit video @IndiraFeustel."

Melansir dari Indian Express, Rabu (26/12/2018), Badan Antariksa AS (NASA) Komandan Ekspedisi 56 Drew Feustel dan Insinyur Penerbangan Ricky Arnold menyelesaikan spacewalk keenam di ISS tahun ini.

Ketika video ini viral, banyak warganet yang berharap bahwa para astronot bisa lebih cepat pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com