Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: 4 Lindu Lebih dari M 5 Guncang Mamasa dan Bali

Kompas.com - 15/11/2018, 22:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Kamis (15/11/2018), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya lebih dari 20 gempa di Indonesia.

Menurut pantauan Kompas.com, sebagian besar guncangan masih terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat. Lokasi lain yang juga merasakan lindu adalah Bali, Lombok, dan Sabang.

Di antara semua gempa tersebut, terdapat 4 gempa yang berkekuatan cukup besar atau di atas M 5.

Di Bali

Gempa dengan kekuatan M 5,3 mengagetkan warga Bali dan Lombok pada dini hari. Guncangan tersebut dirasakan warga pada pukul 00.23 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Menurut siaran pers BMKG, lindu yang terjadi di Bali ini merupakan gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter atau titik pusat gempa berada di laut, tepatnya 104 km arah selatan Denpasar Bali. Sedangkan hiposenternya pada kedalaman 38 km.

Dengan kata lain, gempa kali ini berkedalaman dangkal. Penyebabnya adalah aktivitas subinduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil pemodelan BMKG menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Masih Terus Guncang Mamasa

3 Gempa Mamasa

Gempa masih terus mengguncang area Mamasa, Sulawesi Barat. Gempa cukup besar bahkan menggoyang wilayah ini tiga kali hari ini.

Pertama, gempa besar mengagetkan warga Mamasa pada pukul 06.01 WIB. Guncangan tersebut berasal dari gempa tektonik berkekuatan M 5,5.

Pusat gempa berlokasi di darat, 5 km arah timur Mamasa dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan oleh warga di daerah Mamasa dan Toraja.

Setengah jam kemudian, warga Mamasa kembali harus merasakan guncangan. Pukul 06.31 WIB, lindu M 5,0 tersebut berpusat di darat.

Tepatnya, 12 km timur laut Mamasa dengan kedalaman 10 km.

Gempa bermagnitudo 5,0 kembali dirasakan warga Mamasa pukul 10.55. Lindu tersebut berpusat di darat, 17 km tenggara Mamasa dengan kedalaman 10 km.

Selain warga Mamasa, guncangan ini juga terasa hingga wilayah Toraja dan Palopo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com