Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik, Begini Sisi Oranye Horizon Bumi dari Bidikan Astronot NASA

Kompas.com - 08/11/2018, 20:35 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kerap melihat penampakan Bumi yang indah. Namun tak jarang, mereka juga menangkap fenomena luar biasa yang jarang terjadi.

Kesempatan langka itu dialami seorang astronot NASA kemarin Rabu (7/11/2018). Ia melihat cahaya oranye terang menyelimuti garis horizon Bumi.

Dalam kamus NASA, cahaya oranye yang menyebar di atmosfer disebut airglow.

Airglow terjadi ketika molekul di atmosfer mendapat energi dari cahaya matahari dan radiasi ultraviolet yang dilepaskan matahari.

Baca juga: NASA Ingin Ubah Tanah Mars Jadi Bahan Bakar Roket

Saat atom mendapatkan radiasi, mereka bergerak dengan cepat dan melepaskan energi dalam bentuk cahaya ketika keduanya bertabrakan.

Reaksi itu pada akhirnya menciptakan cahaya yang indah.

Foto ini diambil dari bagian depan ISS, saat stasiun luar angkasa itu mengorbit pada ketinggian lebih dari 200 mil di atas Australia.

Dihiasi jutaan bintang sebagai latar belakangnya, garis oranye melengkung di sepanjang horizon.

Seperti dilansir Newsweek, Rabu (7/11/2018), airglow memberi para astronom wawasan baru tentang bagaimana atmosfer bekerja, bagaimana partikel di atmosfer berinteraksi antara Bumi dan ruang angkasa.

Foto ini juga dapat mengungkap temuan tentang Bumi dan cuaca di ruang angkasa, tidak hanya berdasarkan data yang dimiliki ISS.

Baca juga: NASA Temukan Gunung Es Persegi Sempurna di Antartika, Buatan Alien?

ISS mengorbit Bumi lebih dari 200 mil di atas permukaan dan berjalan sekitar 17.500 mil per jam.

Itu berarti, ISS mengorbit Bumi sekitar 90 menit dan para astronot di dalam ISS memiliki kesempatan untuk menikmati matahari terbit dan terbenam beberapa kali dalam sehari.

Para astronot di atas kapal ISS mengambil foto dan video Bumi secara teratur untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet dan pola cuaca. Selama musim angin topan, para astronot memposting foto dan video badai yang mengaduk-aduk lautan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com