Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Beda Citra Satelit Sulteng Sebelum dan Sesudah Gempa Donggala

Kompas.com - 01/10/2018, 21:27 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Gempa Donggala dan tsunami di Palu yang terjadi Jumat (28/09/2018) lalu menimbulkan sejumlah kerusakan. Ratusan bangunan luluh lantak dan rata dengan tanah.

Untuk memperjelas gambaran yang terjadi di Palu, Donggala dan sekitarnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah membuat peta dari citra satelit Pleiades.

"Citra satelit sebelum dan sesudah gempa memperlihatkan kerusakan yang terjadi," kata Rokhis, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN kepada Kompas.com, Senin (01/10/2018).

Peta dari LAPAN ini menunjukkan bagaimana gempa dan tsunami akhir pekan lalu menghancurkan sejumlah kawasan tersebut.

Gambar tersebut dibuat dengan memperbandingkan citra satelit Pleiades pada 6 Juli 2018 milik LAPAN dengan milik International Disaster Charter yang diambil pada 30 September 2018.

Pleiades adalah satelit milik Perancis dengan resolusi spasial 60 cm.

LAPAN sendiri membuat dua perbandingan wilayah. Wilayah pertama adalah Perumnas Balaroa, salah satu kawasan pemukiman yang paling parah terdampak gempa.

Sedangkan yang kedua adalah kawasan Petobo. Wilayah ini merupakan area yang terdapat fenomena keluar semburan lumpur hitam akibat likuifaksi.

"Di dua wilayah tersebut terlihat rumah tidak hanya sekedar rusak namun amblas rata dengan tanah," tulis siaran pers LAPAN.

Perbadingan citra satelit tersebut juga menunjukkan perubahan garis pantai di area Talise hingga Donggala.

"Perbandingan dua citra satelit multi waktu tersebut juga dapat memperlihatkan bangunan sepanjang pantai Talise sampai Donggala banyak yang mengalami kerusakan karena diterjang gelombang tsunami," kata pihak LAPAN.

"Tsunami juga menyebabkan perubahan garis pantai," tambahnya.

LAPAN juga menyebut timnya akan membuat analisis lebih lanjut bekerja sama dengan pihak BNPB, ITB, dan Asian Institute of Technology (AIT) Thailand mengenai kerusakan akibat gempa.

Baca juga: Bersama Komunitas Internasional, LAPAN Bikin Peta Dampak Tsunami Palu

Citra satelit tunjukkan wilayah Petobo, Sulteng juga terdampak gempa Donggala Citra satelit tunjukkan wilayah Petobo, Sulteng juga terdampak gempa Donggala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com