Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Meksiko Ungkap Keberadaan Kuil Aztec di Bawah Piramida Kuno

Kompas.com - 17/07/2018, 19:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com – Gempa bermagnitudo 7,1 yang melanda Meksiko pada 19 September 2017 ternyata tidak hanya menyisakan kesedihan. Gempa tersebut juga mengungkap keberadaan kuil Aztec yang tersembunyi di bawah piramida kuno.

Ceritanya, para arkeolog dari National Institute of Anthropology and History (INAH) Meksiko yang sedang mempelajari kerusakan pada piramida Teopanzolco akibat gempa menemukan bahwa beberapa batu di puncak piramida goyah.

Dalam usaha mencari permukaan yang lebih padat, mereka menemukan sebuah kuil lebih tua yang terletak dua meter di bawah puncak piramid.

Kuil tersebut berukuran enam kali empat meter. Ia dibangun oleh orang-orang Tlahuica, salah satu suku Aztec, pada periode Postklasik Tengah (antara 1150 hingga 1200).

Baca juga: Setelah 500 Tahun, Misteri Kepunahan Suku Aztec Akhirnya Terpecahkan

Artinya, kuil ini kemungkinan besar adalah bukti tertua dari keberadaan manusia di situs Morelos, sekitar 70 kilometer di selatan Kota Meksiko.

“Apa pun arti gempa bumi tersebut, kita harus berterima kasih karena fenomena alami ini telah berhasil mengungkap struktur yang sangat penting, yang kemudian mengubah penanggalan situs arkeologi ini,” ujar Isabel Campos, goenaga, direktur dari INAH Morelos Center, seperti dilansir dari Gizmodo, Jumat (13/7/2018).

Kuil ini juga diduga oleh para peneliti sebagai fase pembangunan pertama dari Teopanzolco, kemungkinan berasal dari Periode Postklasik Akhir (1200 hingga 1521); meskipun jawabannya baru akan terungkap setelah para peneliti mempelajari sisa-sisa dindingnya dengan lebih mendalam.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut harus ditunda. Pasalnya, gempa tahun lalu merusak piramida Teopanzolco dan kedua kuilnya. Lantai dari kedua kuil tenggelam dan membuat struktur rentan runtuh.

Para arkeolog masih harus mempelajari seberapa parah kerusakan yang dialami dan merestorasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com