Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Sains Bulan Juli: Dari Vaksin hingga Bulan

Kompas.com - 04/07/2018, 18:06 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah banyak peristiwa dan penemuan dalam sejarah dunia ilmu pengetahuan kita. Ada yang sedikit aneh dan mungkin baru pertama kali Anda tahu. 

Pada bulan Juli sejumlah penemuan dan peristiwa penting telah terjadi dalam dunia sains. Dari penemuan prasasti kuno oleh pasukan Napoleon Bonaperte hingga ucapan Neil Armstrong saat menginjakkan kakinya di Bulan. 

Dikutip dari Historyextra.com, Minggu (1/7/2018), berikut 4 peristiwa yang terkait dalam perkembangan dunia ilmu pengetahuan yang terjadi di bulan Juli. 

19 Juli 1799: Prajurit Perancis menemukan Batu Rosetta

Pada masa invasi pasukan Naopoleon Bonaparte di Mesir, salah satu tentaranya menemukan prasasti batu Rosetta. Prasasti ini ditemukan 8 kilometer dari Kota Alexandria.

Prasasti tersebut berbentuk lempengan dengan lebar sekitar 76 sentimeter dan panjang sekitar 1,2 meter. Prasasti Mesir kuno itu berisi tulisan dalam berbagai bahasa tentang tulisan hieroglif ala Yunani dan Mesir.

Batu Rosetta Batu Rosetta

Seperti diketahui, setelah invasi Mesir pada tahun 1798, Napoleon telah memerintahkan pasukannya untuk merebut setiap artefak budaya. Namun, pada 1801, pasukan Inggris berhasil mengalahkan Perancis dan akhirnya merebut prasasti Rosetta tersebut.

6 Juli 1885: Langkah maju untuk pengobatan modern

Untuk pertama kalinya, ahli mikrobiologi dari Prancis, Louis Pasteur, memberikan vaksin antirabies kepada Joseph Meister, anak berusia sembilan tahun yang baru saja digigit oleh anjing yang terinfeksi rabies.

Saat itu sebetulnya Pasteur tidak yakin apakah vaksin tersebut dapat bekerja baik. Namun, tindakannya tersebut membuat Pasteur telah menjadi menjadi pionir pengunaan vaksin dalam upaya pencegahan penyakit menular.

Dirinya juga menjadi ahli yang pertama kali melakukan tes uji coba vaksin rabies pada anjing.

20 Juli 1969: Langkah pertama di Bulan

Antusiasme masyarakat pasca-peluncuran Apollo 11 pada 16 Juli semakin tinggi ketika Neil Armstrong mulai menginjakan kakinya di Bulan.

Saat itu, diperkirakan lebih dari 530 juta orang menontonnya melalui layar kaca.

Saat kaki Armstrong menyentuh permukaan bulan, pemirsa televisi mendengar Armstrong berkata, "Itu adalah satu langkah kecil dari manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia".

Namun, Armstrong melaporkan telah terjadi salah penulisan. Sesungguhnya dia mengucapkan, "Itu adalah langkah kecil seorang pria,..."

25 Juli 1978: Uji coba bayi tabung pertama kali

Seorang bayi hasil metode bayi tabung atau In Vitro Fertilisation (IVF), telah lahir di Rumah Sakit Umum Oldham di Inggris. Sang ibu, Lesley Brown, memberi nama buah hatinya, Louise Brown.

Pada bulan November 1977 itu, Dr Patrick Steptoe dan ahli fisiologi, Dr Robert Edwards, berhasil melakukan operasi sesar untuk mengeluarkan Lesley dari perut ibunya. Tahun 2010, Robert Edwards mendapat Hadiah Nobel di bidang kedokteran atas usahanya tersebut. 

Baca Juga: 7 Mitos dan Fakta yang Ada di Kelas Biologi, Jangan Keliru Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com