Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 4 Tahun, Wahana Penjelajah Jepang Siap Ungkap Asal Kehidupan

Kompas.com - 30/06/2018, 18:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com – Dalam misi untuk mencari asal mula kehidupan, wahana antarika Jepang Hayabusa 2 akhirnya tiba di asteroid Ryugu pada Rabu (20/6/2018).

Asteroid ini berjarak sekitar 300 juta kilometer dari bumi, sehingga Hayabusa 2 butuh waktu 3,5 tahun untuk mencapainya sejak diluncurkan pada Desember 2014.

Selama beberapa bulan ke depan, Hayabusa 2 akan mengorbit pada jarak 20 kilometer di atas Ryugu untuk memetakan permukaannya.

Setelah menemukan lokasi yang pas, Hayabusa 2 akan mendarat dan menggunakan bahan peledak kecil untuk menciptakan kawah di permukaannya.

Baca juga: Kuburan Massal Terunik di Dunia, Jasadnya adalah Wahana Antariksa

Para peneliti meyakini bahwa asteroid terbentuk pada masa-masa awal tata surya, dan bahwa Ryugu mungkin mengandung materi organik yang berkontribusi pada kehidupan di bumi.

Dengan mengambil puing-puing hasil ledakan, para ilmuwan Jepang berharap untuk mengungkap asal mula kehidupan.

Untuk misi ini, para ilmuwan Jepang memprediksi bahwa Hayabusa 2 akan menghabiskan waktu 18 bulan di sekitar Ryugu sebelum kembali ke bumi pada akhir 2020. Tahun tersebut bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas yang akan diadakan di Tokyo, jepang.

Juru bicara dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) yang dilansir dari Reuters, Rabu (27/6/2018), mengatakan, semuanya berjalan sesuai rencana. Wahana antariksa telah tiba di asteroid.

JFS, AFP GRAPHICS / AFP Penjelajah Hayabusa 2 dan komponennya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com