Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

Kompas.com - 21/06/2018, 21:05 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Vitamin C dikenal sebagai salah satu nutrisi yang baik bagi tubuh. Di dalam tubuhm vitamin C bertindak sebagai antioksidan, yang berarti bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Konsumsi vitamin C juga bisa membantu tubuh lebih baik dalam penyerapan zat besi, yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Meski tidak serta merta konsumsi vitamin C menyembuhkan gejala flu yang menyerang, tapi mengonsumsinya secara teratur bisa membantu kita mencegah penyakit.

Saat ini memang vitamin C kemasan dalam bentuk tablet atau kapsul dijual di pasaran. Namun, sebenarnya, ada beberapa daftar makanan yang kaya dengan vitamin C dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut 6 makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang

1. Cabai

Ilustrasi cabaiRalers Ilustrasi cabai

Cabai mendapatkan rasa pedasnya dari senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini bertindak sebagai agen anti-peradangan atau anti-inflamasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan konsumsi cabai mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu menambahkan potongan cabai dalam makanan Anda. Di Indonesia sendiri cabai sering dijadikan sambal untuk sandingan dalam makanan.

Baca juga: Peneliti: Uban Berkaitan dengan Sistem Imun Manusia

2. Lemon

Jeruk lemon memiliki banyak manfaat. Shutterstock Jeruk lemon memiliki banyak manfaat.

Salah satu senyawa baik yang terkandung dalam lemon adalah bio-flavonoid. Senyawa ini terkenal dengan kemampuannya melawan radikal bebas penyebab kanker.

Tak hanya itu, lemon juga kaya dengan vitamin C. Konsumsi lemon setiap hari juga menjadi strategi mudah dalam melindungi diri kita dari pilek atau infeksi lainnya.

Untuk dosis harian vitamin C, ada daiknya Anda minum air perasan lemon setiap hari. Penyajiannya bisa dingin atau hangat.

Jika kurang suka dengan cara tersebut, Anda juga bisa membalurkan perasan lemon pada sayuran yang akan dikukus. Hasilnya akan membuat sayuran tersebut lebih lezat.

3. Apel

Ilustrasinydailynews.com Ilustrasi

Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com