Uji DNA Buktikan Kebenaran Legenda Asal-usul Masyarakat Inca

Kompas.com - 13/04/2018, 19:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com – Sebuah studi DNA baru oleh tim peneliti dari Peru, Brasil dan Bolivia membenarkan legenda asal-usul masyarakat Inca. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Gentics dan Genomics ini juga menjadi yang pertama mempelajari genetika keturnan modern dari Kerajaan Inca.

Walaupun kini kita menggunakan Inca untuk menyebut orang-orang yang dipimpin oleh kerajaan tersebut, istilah Inca sebetulnya hanya merujuk pada kelompok orang yang memimpin kerajaan Tawantinsuyu. Jumlah mereka hanya sekitar 40.000 orang di antara 10 juta penduduk di Andes.

Ada dua legenda yang menjelaskan asal-usul para Inca sebelum mereka tiba di lembah Cusco dan membangun Tawantinsuyu.

Legenda pertama menceritakan bahwa Manco Capac dan Mama Ocllo, anak-anak dari Dewa Matahari, datang melalui Danau Titicaca yang kini sekitar 500 kilometer dari perbatasan Bolivia Utara dan Selatan Peru. Lokasi ini pernah menjadi kerajaan Tiwanaku.

Baca juga : Arkeolog Temukan 60.000 Struktur Maya Kuno di Hutan Guatemala

Sementara itu, legenda kedua menceritakan bahwa empat Ayar bersaudara yang memiliki kekuatan magis datang dari gua di bukit Paccarictambo, sekitar 50 kilometer dari Cusco. Salah satu dari keempat saudara ini, Manco, tiba di lembah Cusco.

Namun, kebenaran kedua legenda tersebut terus dipertanyakan. Tidak sedikit juga yang menganggapnya sekadar mitos.

Tim peneliti yang dipimpin oleh  Universidad de San Martin de Porres, Lima, Peru, mendapatkan ide untuk menguji kebenaran legenda melalui DNA.

Masalahnya, mumi dan sisa-sisa tubuh Kaisar Inca dibakar dan dikubur di lokasi-lokasi tersembunyi oleh para penjajah Kristen.

“Oleh karena itu, untuk saat ini, hanya analisis genetika dari keluarga modern keturunan Inca yang bisa memberi petunjuk mengenai nenek moyang mereka,” ujar pakar genetika Jose Sandoval dari Universidad de San Martin de Porres.