Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lansia Bermata Sehat Punya Ingatan Lebih Tajam

Kompas.com - 20/03/2018, 17:48 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Penelitian terbaru mengungkap bahwa lansia berumur 60 tahun dengan gangguan penglihatan lebih berisiko mengalami penurunan memori drastis ketika usianya 80 tahun. Ini diketahui dari jurnal Neurology yang terbit pada Rabu (28/2/2018).

Sebanyak 12.317 lansia diikutsertakan dalam penelitian. Mereka menjalani tes ketajaman ingatan dan kemampuan berpikir dalam tiga tahap. Pertama saat awal penelitian. Kedua, 6 tahun usai penelitian pertama. Ketiga, berjarak 20 tahun setelah tes pertama.

Selain itu, setelah tiga tahun tes pertama berlangsung, bagian belakang mata para responden dipantau dan diabadikan menggunakan kamera retina khusus. Obyek penelitian umumnya berusia 60 tahun.

Dari gambar yang diambil, diketahui bahwa sebanyak 11.692 lansia memiliki mata normal tanpa kerusakan pembuluh darah retina (retinopati), sedangkan 365 lainnya menderita retinopati. Lalu, 256 lansia lainnya mengidap retinopati dengan tingkatan sedang hingga parah.

Jennifer A Deal, peneliti dari Universitas John Hopkins, mengatakan, pembuluh darah kecil di otak bisa jadi faktor yang berperan dalam penurunan fungsi kognitif. Namun, pembuktiannya terkendala belum tersedianya alat perekam otak yang bisa memotret pembuluh darah kecil.

Baca juga: Dua Bola Mata dalam Satu Lubang, Ular Ini Mirip Monster

“Karena pembuluh darah di mata dan otak sangat mirip secara anatomi, kami merasa meneliti pembuluh darah di mata bisa membantu memahami apa yang berlangsung di otak,” ujar Deal seperti yang dilansir dari Science Daily pada Selasa (6/3/2018).

Hasil penelitian mengungkap, lansia dengan gangguan pelihatan di retina cenderung berkurang pesat kemampuan memorinya, berbeda dengan lansia bermata sehat yang lebih bagus memori otaknya.

 Memori yang dimiliki orang dengan retinoplasti sedang ke parah menyusut sebesar 1,22 unit standar deviasi selama 20 tahun, sedangkan pada orang bermata sehat hanya menurun sebanyak 0,91.

Rentang nilai standar deviasi antara kelompok dengan mata sehat dan kelompok dengan gangguan penglihatan, yakni 0,57. Ini diukur setelah peneliti mengulang perhitungan terhadap lansia yang melewatkan beberapa tes kemampuan berpikir.

Sayangnya, penelitian ini masih terbatas merekam foto satu retina mata.

“Apabila hasil penelitian ini disetujui, kondisi retina bisa menggambarkan berapa banyak kerusakan pembuluh darah kecil di otak. Dari situ bisa diketahui pengaruhnya pada penurun kognitif,” ujar Deal.  

Baca juga: Sangat Minim Donor Mata, Transplantasi Kornea pada Anak Terkendala  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com