Proyek Super Ambisius Dubai, Mendata DNA 3 Juta Penduduknya

Kompas.com - 02/03/2018, 08:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com – Dubai punya proyek ambisius baru. Kota terbesar di United Arab Emirates tersebut berencana untuk mengurutkan DNA penduduknya, termasuk yang bukan warga negara, dalam upaya meningkatkan kesehatan mereka.

Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif Dubai 10X yang memiliki misi untuk menggunakan teknologi yang akan menjadi standar 10 tahun nanti.

Khaleej Times, Minggu (25/2/2018) melaporkan bahwa setelah mereka selesai mengumpulkan data genomik raksasa tersebut, Asosiasi Kesehatan Dubai akan menciptakan sebuah kecerdasan buatan (AI) yang bisa menganalisis semuanya dan memprediksi penyakit yang mungkin terjadi.

“Daripada mempelajari genetika pasien yang sudah terkena penyakit, AI kami akan menganalisis database, mencari siapa yang telah terkena, dan mencari non-pasien dengan profil genetika serupa yang memiliki risiko penyakit tersebut,” tulis situs proyek tersebut.