Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jomblo di Hari Valentine Mungkin Baik Untuk Anda, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 12/02/2018, 11:30 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Hari kasih sayang atau Valentine's Day tinggal menghitung hari. Bagi yang punya pasangan mungkin ini adalah hari yang menggembirakan.

Namun bagi "jomblo" atau orang yang tidak berpasangan bisa jadi ini merupakan hari yang tidak menyenangkan.

Padahal, tahukah Anda, menjadi jomblo ternyata punya segudang manfaat. Setidaknya, itulah yang dikemukakan oleh Bella DePaulo, seorang psikolog di University of California Santa Barbara.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh TEDx Talk, DePaulo menyebut bahwa mungkin ada banyak hal yang tidak menyenangkan dari menjadi lajang atau jomblo. Tapi menurutnya, itu hanyalah masalah kecil.

Baca juga: Valentine Bukan Ajang Pamer Pasangan

Dia juga menjelaskan bahwa memiliki pasangan belum tentu membuat seseorang bahagia.

Lebih Banyak Teman

DePaulo menjelaskan bahwa banyak orang percaya bahwa memiliki pasangan akan membuat orang bahagia karena memiliki seseorang dalam hidupnya, sedangkan jomblo tidak. Tapi, sebuah penelitian menunjukkan hal berbeda.

Dia juga menyebut bahwa orang yang tidak memiliki pasangan biasanya memiliki teman yang lebih banyak.

Hal serupa juga ditunjukkan pada penelitian yang dipublikasikan tahun 2015 lalu. Penelitian yang dilakukan oleh Natalia Sarkisian dan Naomi Gerstel ini menemukan bahwa jomblo cenderung lebih sering berinteraksi dengan saudara, tetangga, dan teman mereka.

Tak hanya itu, orang yang tak memiliki pasangan juga cenderung lebih sering memberi dan menerima bantuan dari lingkungannya dibanding yang memiliki pasangan.

"Menjadi jomblo meningkatkan hubungan sosial baik bagi wanita maupun pria," tulis laporan tersebut dikutip dari Business Insider, Jumat (09/02/2018).

Beberapa penelitian lain menyebut bahwa membina persahabatan merupakan kunci utama untuk menua dengan baik dan meningkatkan kebahagiaan.

Bahkan, dalam salah satu penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada 2008 menemukan bahwa orang yang memiliki kontak teratur dengan 10 atau lebih orang lain secara signifikan menjadi lebih bahagia.

Baca juga: Jangan Kaitkan Valentine dengan Seks

Artinya, menjadi jomblo pun bisa membuat Anda bahagia. Bahkan mungkin lebih bahagia dengan mereka yang memiliki pasangan.

Lebih Sehat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com