Kita Semua Punya Saudara Beda Ibu, Sains Menjelaskannya

Kompas.com - 21/01/2018, 17:46 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial, sering kali kita membaca kalimat "saudara beda ibu". Mungkin Anda sendiri pernah menuliskannya saat menggambarkan kedekatan dengan sahabat.

Sebuah temuan terbaru mengungkap, mungkin istilah itu ada benarnya. Ya, Anda memiliki kemiripan gen dengan sahabat atau pasangan Anda.

Para periset menemukan bahwa dalam hubungan yang akrab, ada kecenderungan memiliki kemiripan genetik dibanding orang asing.

Hal ini kemudian yang menjelaskan mengapa manusia cenderung memiliki hubungan sosial dengan orang-orang yang menyerupai mereka, baik secara pemikiran maupun fisik.

Baca juga : Punya 5 Sahabat Dekat Berefek Baik pada Kesuburan Wanita

Seperti diberitakan IFL Science, Selasa (16/1/2018), kajian hal itu merupakan bagian dari bidang baru yang disebut sosiogenomik, ilmu yang mempelajari genom sosial untuk memahami kesehatan dan perilaku manusia.

Tanpa disadari, manusia akan tertarik untuk menjalin kedekatan dengan orang lain karena memiliki sesuatu yang mirip. Baik itu kesamaan fisik maupun latar belakang sosial yang sama, entah komunitas atau sekolah.

Periset dari Duke University, Stanford, dan University of Wisconsin telah meneliti data 5.500 remaja Amerika dari studi longitudinal remaja terhadap kesehatan dewasa Nasional.

Selama tahun ajaran 1994-1995, peneliti mewawancarai lebih dari 90.000 remaja Amerika berusia 12-18 tahun. Dalam survei tersebut, siswa diminta untuk menuliskan nama teman mereka.

Penelitian berlanjut, pada tahun 2008 ada 12.000 peserta yang diminta sampel DNA-nya yang digunakan untuk mengidentifikasi hubungan sosial antara individu dan teman mereka. Hasilnya diterbitkan dalam jurnal PNAS, (20/11/2017).

Dari temuan tersebut, terungkap bahwa sebenarnya pasangan yang sudah menikah, teman sekelas, atau teman saat sudah dewasa, rata-rata memiliki kemiripan genetik satu sama lain.