Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misterius, Makam Istri Raja Tut Kini Akan Diungkap

Kompas.com - 17/01/2018, 18:44 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum mangkat, Raja Tutankhamun diketahui memiliki seorang istri bernama Ankhesenamun.

Namun tidak seperti sang firaun yang dikenal sebagai ikon populer peradaban Mesir kuno, sang istri nyaris tak terdengar gaungnya dalam sejarah Mesir.

Kisah hidupnya misterius dan menyisakan berbagai tanda tanya. Tak banyak artefak atau catatan lain yang menceritakan kisah hidup Ankhesenamun.

Kini sebuah kabar menggembirakan datang setelah tim arkeolog memperkirakan telah menemukan keberadaan istri firaun tersebut.

Baca Juga: Patung Berumur 4.300 Tahun Menyingkap Misteri tentang Firaun Mesir

Zahi Hawass, arkeolog yang akan memimpin eskavasi makam Ankhesenamun mengumumkan pada Selasa (16/1/2018) bahwa akan segera melakukan penggalian makam tersebut.

Penggalian dimulai di daerah Valley of the Kings atau Lembah para raja. Titik yang dituju adalah Lembah Barat atau Lembah Monyet yang lokasinya dekat dengan makam firaun Ay, penerus Raja Tut.

Pada penggalian sebelumnya, peneliti mengidentifikasi sesuatu yang menarik di dekat makam Ay itu. Mereka menemukan timbunan pondasi serta citra radar yang terlihat seperti pintu masuk sebuah makam yang terletak di kedalaman 5 meter.

Saat itu Hawass meyakini jika sesuatu yang berada dibawah pondasi itu merupakan sebuah makan.

"Kami yakin ada makam di sana, tapi kita tidak tahu pasti siapa pemiliknya," katanya kala itu.

Sampai penggalian dilakuan, para arkeolog tidak bisa memastikan siapa yang ada di dalam makam. Namun ia memprediksi jika kemungkinan makam itu adalah Ankhesenamun. Sebab firaun Ay diketahui menikahi Ankhesenamun tak lama setelah kematian Raja Tut.

Berdasarkan itulah arkeolog berpikir jika makam tersembunyi itu merupakan milik dari Ankhesenamun.

Baca Juga : Firaun Ini Bisa Jadi adalah Raksasa Pertama di Dunia

Banyak pihak yang berharap dapat menemukan jejak-jejak istri Raja Tut ini. Mengingat, setelah pernikahan Ankhesenamun dengan Ay, namanya justru tak pernah muncul lagi dalam catatan sejarah. Tidak diketahui kapan ia meninggal dan bagaimana atau di mana ia dikuburkan.

Bahkan dikubur firaun Ay sendiri tak tercantum namanya. Firaun Mesir terkadang memang memiliki banyak istri dan makam Ay hanya menyebutkan istri lain yang bernama Tey.

Keberhasilan penggalian ini tentunya akan membuka misteri seputar misteri kehidupan Ankhesenamun, bahkan tak mungkin termasuk Raja Tut juga.


sumber https://www.livescience.com/61441-search-for-king-tut-wife.html

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com