Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertangkap Kamera OSIRIS-REx, Bumi dan Bulan Sedang "Berduaan"

Kompas.com - 04/01/2018, 12:06 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com - Gambar menakjubkan tertangkap kamera dari pesawat luar angkasa milik NASA. Bumi dan bulan tampak sedang "berduaan".

Pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx menangkap pemandangan unik tersebut menggunakan instrumen MapCam OSIRIS-REx saat menjalankan misinya menuju asteroid Bennu dari jarak tiga juta mil.

Ada tiga gambar dengan panjang gelombang warna berbeda yang kemudian digabungkan dan disempurnakan dengan mencerahkan gambar bulan agar lebih mudah terlihat, dikutip dari penjelasan NASA di BT, Rabu (3/1/2018). 

Sementara itu, NASA melalui akun twitternya menjelaskan fenomena tersebut:

"Bumi, bulan & seterusnya! @OSIRISREx, misi kami yang saat ini dalam perjalanan untuk memetakan dan mengembalikan sampel dari asteroid Bennu, menangkap data yang membentuk citra komposit planet rumah kita dan bulan: http://go.nasa.gov/2lLMtgC

Baca Juga: Sains Ramalkan Nasib Manusia dan Bumi 10.000 Tahun Mendatang

Dikutip dari BT, Rabu (3/1/2018), NASA juga menambahkan, saat pesawat NASA sedang melakukan perjalanan misinya untuk mengungkap dari mana asal kita dan ke mana kita menuju, gambar ini juga mengingatkan tentang di mana kita sekarang.

Sebagai informasi, asteroid Bennu yang tengah dipelajari oleh NASA diperkirakan kaya akan karbon dan mengandung "bahan organik atau prekursor molekul seumur hidup". Bennu juga diduga merupakan sisa-sisa pembentukan sistem tata surya kita.

Untuk itu, OSIRIS-REx dikirim untuk mencari tahu dari mana asal asteroid tersebut dan diperkirakan akan mencapai asteroid Bennu pada Agustus 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com