Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Tradisi, Inilah Potret Menyedihkan "Beruang Penari" di Nepal

Kompas.com - 25/12/2017, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Eksploitasi hewan sering kali terjadi di banyak negara, salah satunya di Nepal. Namun, kali ini eksploitasi tersebut mendekati akhir.

Dua ekor "beruang penari" terakhir di negara itu berhasil diselamatkan oleh pihak berwenang setempat. Beberapa pejabat setempat menyebut hal ini adalah sebuah langkah besar untuk mengakhiri tradisi penganiayaan terhadap hewan-hewan tersebut sejak abad pertengahan.

Sebenarnya, negara-negara Himalaya telah melarang praktek pertunjukkan beruang pada 1973. Sayangnya, sebagai sebuah tradisi yang menghidupi beberapa komunitas, hal ini tetap bertahan lewat pelaku-pelaku jalanan di daerah bagian selatan.

Polisi dan badan konservasi binatang mengatakan bahwa mereka membutuhkan lebih dari satu tahun untuk menangkap para pemilik kedua beruang slothtersebut. Pemilik kedua beruang tersebut terlacak di distrik Rautahat dekat India pada Selasa (19/12/2017).

Baca juga: Viral Video Beruang Kutub Cari Makan di Tempat Sampah, Fenomena Apa?

"Kami menerima informasi bahwa mereka berada di daerah kami dan (kami) mengatur penyelamatan kedua beruang itu,"kata kepala polisi Yagya Binod Pokharel dikutip dari AFP, Minggu (24/12/2017).

Beruang penari ini umumnya ditangkap atau dibeli sejak anak-anak. Mereka kemudian diajari untuk menri dengan kaki belakang mereka.

Moncong mereka juga ditusuk dengan batang besi panas sehingga para pemiliknya bisa mengendalikan mereka dengan menarik tali atau rantai di moncongnya.

Kedua hewan yang diselamatkan tersebut adalah Rangila (jantan) dan Sridevi (betina). Masing-masing berusia 19 dan 17 tahun.

Ativis hewan yang membantu penyelamatan ini menyebutkan bahwa kedua hewan tersebt menunjukkan tanda-tanda trauma. Mereka sering kali meningkuk, berjalan mondar-mandir, hingga mengisap kaki.

"Kami sangat senang karena dua beruang penari Nepal terakhir telah diselamatkan dari penderitaan seumur hidupnya... Usaha keras dan dedikasi kami membantu mengakhiri tradisi ilegal di Nepal," ungkap Manoj Gautam dari Jane Goodall Institute Nepal yang membantu polisi dan World Animal Protection menyelamatkan kedua hewan tersebut.

Kedua beruang tersebut bisa diselamatkan setelah pihak berwenang melacak telepon genggam pemiliknya. Kini keduanya dirawat oleh Suaka Margasatwa Parsa, sebuah cagar alam terbesar di Nepal.

Tradisi beruang menari sendiri berasal dari abad ke-13. Saat itu, para pelatih yang berasal dari suku Qalandar Muslim menikmati perlindungan kerajaan dan tampil di hadapan orang kaya serta berkuasa.

Baca juga: Setelah 80 Tahun, 500 Beruang Pulang Kampung karena Perubahan Alam

Di India, praktek ini telah berakhir pada 2012 setelah larangan resminya keluar pada tahun 1972.

Beruang sloth merupakan spesies terancam punah yang hanya ditemukan di India, Nepal, Sri Lanka, dan Bhutan. Menurut IUCN, penyebab punahnya hewan ini adalah habitat yang menyusut dan maraknya perburuan liar.

Bahkan IUCN telah menempatkan mereka dalam daftar merah spesies yang terancam punah karena jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 20.000 ekor saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com