Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Xenial, Generasi Baru antara Generasi X dan Milenial

Kompas.com - 06/11/2017, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah generasi milenial dan generasi X. Generasi milenial adalah sebutan untuk orang yang lahir antara tahun 1982 hingga 2004, sedangkan generasi X merupakan sebutan untuk generasi sebelumnya, kelahiran 1961 hingga 1981.

Namun, dengan jumlah populasi yang begitu besar, tidak semua orang akan mengidentifikasikan diri dengan stereotip generasinya.

Di sinilah, istilah xenial muncul untuk menggambarkan mereka yang lahir di tengah kedua generasi (1977-1983).

Istilah tersebut diciptakan oleh Dan Woodman, seorang profesor sosiologi dari University of Melbourne.

Baca juga: Buktikan Peduli Lingkungan, Generasi Milenial Bisa Apa?

"Idenya adalah adanya generasi mikro atau di antara kelompok generasi X - yang kami anggap sebagai anak berkemeja flannel, mendengarkan musik grunge, dan lahir setelah Baby Boomers- dan generasi milenial yang digambarkan sebagai orang yang optimis, ahli teknologi dan mungkin terlalu yakin akan diri mereka sendiri dan terlalu percaya diri," kata Profesor Woodman dikutip dari Huffington Post, Rabu (28/06/2017).

Profesor Woodman menjelaskan bahwa jika generasi milenial tumbuh bersama kemajuan teknologi, maka generasi xenial perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

"Itu adalah pengalaman yang sangat unik. Anda memiliki masa kanak-kanak dan remaja yang bebas dari rasa khawatir terhadap segala unggahan media sosial dan telepon seluler...," ujarnya.

Dia melanjutkan, kami (xenial) belajar mengonsumsi media dan telah berumur dewasa sebelum mengenal facebook, twitter, dan snap chat, serta semua hal di mana Anda masih menonton berita malam atau membaca koran.

Orang-orang yang lahir antara tahun 1977-1983 dianggap sebagai jembatan dari analog ke digital. Generasi ini masih cukup muda untuk beradaptasi dengan cepat pada revolusi teknologi, tetapi juga merupakan generasi terakhir yang tumbuh tanpa teknologi.

Baca juga: Agar Generasi Milenial Melirik Tanaman Obat

Alhasil, seperti generasi X yang pesimis, xenial tidak semahir milenial dalam hal digital, walaupun mengonsumsinya.

 

What is a xennial? #xennial #generations #jordancatalano #mysocalledlife #1980s #1990s #starwars

A post shared by Paull Hammond-Davies ?????‍???? (@paullhammonddavies) on May 23, 2017 at 10:59am PDT

Teknologi pertama yang dirasakan generasi xenial adalah SMS, media sosial, dan kencan online saat usia mereka mencapai dua puluh tahunan. Mereka masih menggunakan walkman atau merekam lagu di radio, tetapi seiring bertambahnya usia, generasi ini kini menggunakan spotify atau iTunes.

Generasi xenial juga sering disebut sebagai generasi yang memiliki sinisme generasi X dan optimisme dari generasi milenial.

Woodman mengatakan, pengalaman berbeda berperan dalam bagaimana seseorang mengidentifikasi kelompok mereka. Misalnya, generasi milenial yang tidak tumbuh dengan banyak uang akan cenderung memiliki sedikit pengalaman digital daripada generasi milenial atau xenial yang memiliki kehidupan finansial yang cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com