Dua Catatan Einstein tentang Teori Hidup Bahagia Dilelang, Ini Isinya - Kompas.com

Dua Catatan Einstein tentang Teori Hidup Bahagia Dilelang, Ini Isinya

Resa Eka Ayu Sartika
Kompas.com - 24/10/2017, 14:39 WIB
A picture taken on October 19, 2017, shows Gal Wiener, owner and manager of the Winners auction house in Jerusalem, displays two notes written by Albert Einstein, in 1922, on hotel stationary from the Imperial Hotel in Tokyo Japan. 
A note that Albert Einstein gave to a courier in Tokyo, briefly describing his theory on happy living, has surfaced after 95 years and is up for auction in Jerusalem. / AFP PHOTO / MENAHEM KAHANAMENAHEM KAHANA A picture taken on October 19, 2017, shows Gal Wiener, owner and manager of the Winners auction house in Jerusalem, displays two notes written by Albert Einstein, in 1922, on hotel stationary from the Imperial Hotel in Tokyo Japan. A note that Albert Einstein gave to a courier in Tokyo, briefly describing his theory on happy living, has surfaced after 95 years and is up for auction in Jerusalem. / AFP PHOTO / MENAHEM KAHANA

KOMPAS.com - Siapa sangka Albert Einstein, sang ilmuwan besar dunia, pernah menuliskan teori tentang hidup bahagia.

Hal ini terbukti pada dua catatan yang dilelang pada Selasa (24/10/2017) di rumah lelang Winner's austion.

Dua catatan ini sebenarnya diberikan oleh Einstein kepada seorang kurir di Tokyo Jepang pada 1922.

Saat itu, sang fisikawan yang sedang tur ceramah di Jepang diberitahu bahwa ia akan menerima hadiah Nobel.

Baca: Temuan Manuskrip Mengungkap Gagasan Einstein yang "Hilang"

Seorang kurir Jepang tiba di Imperial Hotel Tokyo untuk menyampaikan pesan tersebut. Saat hendak diberi tip oleh Einstein, sang kurir menolak karena aturan setempat.

Namun Einstein yang tidak ingin kurir itu pulang dengan tangan kosong tak hilang akal. Ia menulis dua catatan tangan dengan bahasa Jerman untuk kurir tersebut.

Penjual kedua catatan tersebut tidak lain adalah kerabat sang kurir yang tidak ingin menyebutkan namanya.

"Mungkin jika Anda beruntung, catatan tersebut akan jauh lebih berharga dibanding tip biasa," kata Einstein kepada sang kurir, seperti yang diungkapkan penjual kedua catatan tersebut.

Satu catatan, berstempelkan Imperial Hotel Tokyo menyebutkan "Kehidupan yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kegembiraan daripada mengejar kesuksesan yang diikat dengan kerusuhan konstan."

Catatan lainnya ditulis pada selembar tanpa stempel hotel. Pesannya adalah, "di mana ada kemauan, di situ ada jalan."

"Tidak bisa dipastikan apakah catatan tersebut merupakan cerminan renungan Einstein sendiri tentang ketenarannya yang berkembang," kata Roni Grosz seorang arsipis yang bertanggung jawab atas koleksi Einstein di Universitas Ibrani Yerusalem dikutip dari AFP, Minggu (22/10/2017).

Baca juga: Eksperimen "Mustahil" Einstein Terlaksana, Ini Hasilnya

Meski kedua catatan ini yang tidak memiliki nilai ilmiah, namun dapat menjelaskan pemikiran pribadi dari seorang Albert Einstein.

"Apa yang kita lakukan di sini adalah potret kehidupan Einstein - manusia dan ilmuwan yang mempengaruhi dunia melalui tulisan-tulisannya," lanjut Grosz.

Selain kedua catatan tersebut juga akan dilelang sejumlah barang-barang lainnya. Termasuk dua surat yang ditulis Einstein di tahun-tahun setelahnya.

PenulisResa Eka Ayu Sartika
EditorYunanto Wiji Utomo
SumberAFP
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM