Lama Dicari, Makhluk Langka Zaman Purba Ditemukan Mati Sendiri

Kompas.com - 19/10/2017, 17:34 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com – Sejak ditemukannya serpihan spesimen Siphusauctum iloydguntheri pada tahun 1976, para peneliti terus mencari keberadaan fosil utuhnya.

Akhirnya pada tahun 2017 dewi fortuna berpihak kepada ilmu pengetahuan. Fosil S. iloydguntheri ditemukan di ngarai wilayah Utah, Amerika Serikat.

Namun penemuan itu disertai dengan kekecewaan berikutnya.

Hewan invertebrata itu tak punya kerabat selama melewati periode akhir kambrium yang berlangsung pada 541 juta sampai 485,4 juta tahun yang lalu.

Kemungkinan makhluk yang kini sudah jadi fosil ini merupakan korban kepunahan massal.

S. iloydguntheriis adalah spesies yang namanya diambil dari nama pemburu fosil terkemuka, Lloyd Gunther. Dia menyerahkan fosil S. iloydguntheriis bersama banyak fosil lainnya ke Universitas Kansas.

Bentuk S. iloydguntheriis menyerupai bunga tulip yang tengah mekar atau gelas anggur putih. Makhluk laut berusia sekitar 500 juta tahun ini hidup dengan menghisap mikroplankton di sepanjang dasar laut.

Berkat penemuan ini, para peneliti dari Universitas Kansas berhasil melakukan sedikit deskripsi anatomi dan dipublikasikan di Journal of Paleontology volume 91 September 2017.