Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Isi Surat yang Ditulis oleh Setan pada Abad ke-17

Kompas.com - 20/09/2017, 21:06 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com –- Lebih dari 300 tahun yang lalu, seorang biarawati bernama Maria Crocifissa della Concezione mengaku kerasukan setan.

Dia ditemukan tergeletak di lantai sel biara Palma di Montechiaro, Sisilia, pada 11 Agustus 1676. Wajahnya diselimuti tinta dan tangannya memegang sebuah catatan yang ditulis dengan campuran huruf dan simbol. Maria menyebut surat itu ditulis oleh iblis dengan tujuan membuatnya jauh dari Tuhan menuju kejahatan.

Ratusan tahun berlalu, tetapi surat itu belum berhasil diungkap. Empat belas baris huruf kuno dan simbol ternyata membuat para pemecah kode kewalahan. Misteri surat itu akhirnya menggerakkan para ilmuwan di Ludum Science Museum, Sisislia, untuk mencoba menguraikan maknanya.

(Baca juga: 10 Naskah dan Kode Paling Misterius di Dunia)

Mereka menggunakan perangkat lunak pemecah kode cerdas dari web dalam (deep web) – bagian terdalam internet yang tidak terlacak mesin. Selain itu, para ilmuwan juga membuka catatan sejarah Maria untuk mengetahui kehidupan dan kondisi psikologisnya.

Maria lahir dengan nama Isabella Tomasi. Dia adalah nenek moyang penulis Italia, Giuseppe Tomasi. Pada usia 15 tahun, dia masuk ke biara Benedictine.

"Surat itu muncul seolah-olah ditulis dalam bentuk stenografi. Kami berspekulasi bahwa Suster Maria menciptakan sebuah kosa kata baru yang menggunakan huruf-huruf kuno yang mungkin dia ketahui," kata Direktur Ludum Daniele Abate seperti dikutip dari Live Science pada Senin (18/9/2017).

Sebelum menggunakan perangkat lunak, para ilmuwan mengujinya terlebih dahulu dengan beberapa simbol stenografi dari berbagai sejumlah bahasa. Para ilmuwan mendapati bahwa surat Maria berisi campuran huruf kuno bahasa Yunani, Latin, Rune, dan Arab.

(Baca juga: Surat Penting Alan Turing Ditemukan, Ada Tulisan, "Saya Benci Amerika")

"Kami menganalisis bagaimana suku kata dan grafisme [pemikiran yang digambarkan sebagai simbol] diulang dalam surat untuk menemukan harakat. Kami kemudian mengakhirinya dengan alogaritma untuk memecah kode yang lebih baik," kata Abate.

Pada awalnya, para peneliti tidak berharap banyak. "Kami pikir kami hanya bisa mendapatkan beberapa kata yang masuk akal, tetapi biarawati itu memiliki tata bahasa yang bagus. Pesannya lebih lengkap dari yang diharapkan," kata Abate.

Surat itu menyebut Tritunggal, Tuhan, Yesus dan Roh Kudus, sebagai “beban berat”. Kemudian dikatakan bahwa “Tuhan berpikir bahwa dia bisa membebaskan makhluk hidup... Sistemnya tidak bekerja untuk siapa pun ... Mungkin sekarang, Styx sudah yakin. "

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, Styx adalah sungai yang memisahkan neraka dari dunia orang hidup. Menurut Abate, surat tersebut menunjukkan bahwa Maria mengidap skizofrenia atau gangguan bipolar.

Gambaran iblis, kata dia, muncul dalam gangguan kejiwaan tersebut. “Kami belajar dari catatan sejarah bahwa setiap malam dia menjerit dan berperang melawan Iblis," kata Abate.

Meski demikian, pihak gereja pada masa itu menganggap apa yang dilakukan Maria sebagai perjuangan melawan roh jahat. Hal itu terlihat dari catatan yang ditulis oleh Abbess Maria Serafica tidak lama setelah fenomena itu berlangsung.

Menurut Serafica, Maria menentang permintaan iblis yang memaksanya menandatangai surat tersebut dengan menulis "Ohimé" (oh aku). Kata itu menjadi satu-satunya kata yang bisa dipahami oleh pihak gereja.

Untuk diketahui, penelusuran surat Maria belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang dinilai oleh rekan sejawat.

Daniele Abate Surat Maria Crocifissa della Concezione

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com