Ini PR Kesehatan Kita hingga 10 Tahun ke Depan Menurut Bill Gates - Kompas.com

Ini PR Kesehatan Kita hingga 10 Tahun ke Depan Menurut Bill Gates

Shierine Wangsa Wibawa
Kompas.com - 14/09/2017, 17:05 WIB
Pendiri Microsoft, Bill GatesReuters Pendiri Microsoft, Bill Gates

KOMPAS.com -- Setelah lama berjuang di bidang kesehatan, Bill & Melinda Gates Foundation merilis laporan Goalkeepers tahunan pertama mereka. Di dalam laporan tersebut, yayasan ini mengulas pencapaian kita di bidang kesehatan dan masalah-masalah yang masih akan menjadi PR hingga beberapa tahun ke depan.

Beberapa yang perlu dirayakan adalah menurunnya angka kematian anak dan angka infeksi HIV, sedangkan yang masih menjadi masalah adalah keluarga berencana dan kesetaraan jender.

Namun, dua hal yang perlu mendapat perhatian khusus selama beberapa tahun ke depan adalah penyakit kronis, seperti diabetes dan alzheimer, dan penyakit menular, seperti malaria dan HIV.

(Baca juga: Bukan Singa, Bukan Ular, Inilah Hewan Paling Mematikan di Dunia)

Menurut dia, meningkatnya angka penyakit kronis di negara-negara maju dikarenakan oleh faktor lingkungan.

Untuk dementia dan alzheimer, misalnya, Centres for Disease Control (CDC) memperkirakan bahwa jumlah pasien yang terkena penyakit ini akan menjadi tiga kali lipat pada 2050. Para peneliti belum mengetahui penyebab pastinya, tetapi bukti-bukti menunjukkan adanya kaitan kuat dengan pola makan dan pola sosial yang kurang sehat.

Gates berkata bahwa tantangan negara-negara maju untuk menyelesaikan permasalahan ini terletak pada riset dan pengembangan obat-obatan yang lebih efektif dan diagnosis yang lebih akurat.

Sementara itu, merebaknya penyakit menular di negara-negara berkembang tidak bisa dipisahkan dari masalah lingkungan dan buruknya praktik seksual di antara masyarakat.

Oleh karena itu, Gates berkata bahwa tanggung jawab terbesar dalam menangani masalah ini ada pada pemerintah-pemerintah dunia dan yayasan seperti miliknya yang harus menyalurkan bantuan selagi para peneliti mengembangkan obat-obatan dan vaksin.

Sayangnya, pendanaan untuk penelitian vaksin dan obat-obatan penyakit menular berjalan lambat. Padahal, populasi Afrika dan dunia diperkirakan akan terus meningkat. Prospek ini bisa membuat jumlah kasus penyakit menular, seperti HIV, di negara-negara berkembang meroket dalam beberapa tahun ke depan.

“Itu adalah prospek yang menakutkan. Tanpa investasi untuk penelitian, kita tidak ada mendapat penemuan baru yang dapat menghentikan penyebaran HIV,” katanya seperti dikutip dari Science Alert 13 September 2017.

PenulisShierine Wangsa Wibawa
EditorShierine Wangsa Wibawa
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM