Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mosaik Romawi Langka Bergambar Balapan Kuda Ditemukan

Kompas.com - 05/08/2017, 14:36 WIB

KOMPAS.com -- Setelah melakukan penggalian selama bertahun-tahun, para arkeolog di Siprus menemukan mosaik lantai era Romawi kuno langka berusia hampir 2.000 tahun.

Mosaik yang membentang sepanjang 85 kaki atau sekitar 25 meter tersebut menampilkan adegan balap kereta di sebuah bukit hippodrome Romawi, sebuah gelanggang terbuka untuk pacuan kuda. Ilustrasi itu disertai dengan prasasti dalam bahasa Yunani kuno, yang menyebutkan nama-nama kuda dan pembalap mereka.

Mosaik ini dianggap telah menjadi bagian dari galeri di di mansion abad ke-4 M. Para arkeolog juga mengatakan bahwa mosaik tersebut merupakan satu dari sedikit mosaik yang tersisa dari dunia kuno.

(Baca juga: Kokoh 2.000 Tahun, Rahasia Kekuatan Beton Romawi Kuno Terungkap)

Artefak bersejarah tersebut terbelenggu tanpa gangguan selama berabad-abad, sampai seorang petani di Desa Akaki, Siprus, sekitar 14 mil dari ibu kota Nicosia, menemukan fragmen mosaik dari bagian lain mansion pada tahun 1938.

Mosaik lantai langka itu kemudian ditemukan di bawah jalan setapak yang dilalui kereta api. Penggalian di lokasi baru dimulai pada tahun 2013, dan mosaik tersebut hanya ditampilkan sebentar pada 2016 sebelum pihak berwenang menutupinya untuk perlindungan.

Arkeolog sudah menghapus lapisan kotoran untuk memulai pekerjaan restorasi, namun mereka memperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun sampai peninggalan era Romawi kuno tersebut dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Fryni Hadjichristofi, kepala petugas arkeologi yang bertanggung jawab atas situs tersebut mengatakan bahwa hingga saat ini, mosaik tersebut merupakan satu-satunya dari hanya sembilan mosaik lain yang menggambarkan pemandangan hippodrome yang ditemukan di seluruh dunia Romawi. 

"Ini sangat jarang, seperti adegan sirkus—seperti yang kami punya di Akaki—tidak sering digambarkan pada mosaik," kata Hadjichristofi kepada Associated Press.

"Seringnya kami memiliki kuda atau kusir terisolasi yang ikut ambil bagian, tapi hippodrome itu sendiri dan balapan di hippodrome, cukup langka," pungkasnya.

Artikel ini sudah pernah tayang sebelumnya di National Geographic Indonesia dengan judul: Mosaik Langka Berusia 2.000 Tahun dari Era Romawi Kuno Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com