Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Dikira Bunuh Diri, Ini Alasan STEVE Masuk ke Dalam Air Mancur

Kompas.com - 01/08/2017, 19:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber CNN,Reuters

KOMPAS.com – Pada tanggal 17 Juli 2017 lalu, sebuah robot sekuritas tipe K5 Autonomous Data Machine bernama STEVE tercebur ke dalam air mancur ketika sedang berpatroli di Washington Harbour, Washington DC, AS.

Sontak, dunia maya pun riuh dengan berbagai spekulasi dan lelucon. Ada yang berkata bahwa STEVE ingin bunuh diri dan keluar dari pekerjaannya, dan ada yang menduga bahwa kejadian tersebut “direkayasa” oleh manusia.

Namun, penyelidikan oleh produsen STEVE,  Knightscope Inc yang berbasis di Silicon Valley, mengungkap bahwa kecelakaan STEVE murni akibat kesalahan alogaritme.

(Baca juga: Facebook Matikan Kecerdasan Buatan yang Ciptakan Bahasanya Sendiri)

Dilansir dari Reuters 29 Juli 2017, data dari black box, beberapa video, dan pengujian menunjukkan bahwa alogaritme STEVE gagal untuk mendeteksi permukaan yang tidak rata sehingga tergelincir dan masuk ke dalam air mancur.

MPR Realty, developer untuk Washington Harbour yang memperkenalkan STEVE ke publik, juga mengonfirmasikan hal ini. Mereka berkata bahwa pada hari kejadian, STEVE sedang memetakan permukaan Washington Harbour agar kecelakaan semacam ini tidak dialami oleh pengunjung manusia.

Kepada CNN 21 Juli 2017, mereka menulis, fase awal ini adalah kesempatan kami untuk mengimplementasikan, mengetahui, dan mempebaiki kesalahan dalam sistem untuk membantu meningkatkan program dan keamanan di area-area ramai seperti Washington Post.

“Insiden ini menunjukkan kepada kami bahwa perbaikan masih diperlukan untuk membantu menjaga keamanan tenant ­kami, warga yang tinggal, dan pengunjung,” tambah mereka.

Knightscope Inc juga menambahkan bahwa dalam menciptakan teknologi yang canggih, pengujian harus dilakukan di lingkungan yang nyata dan bukan di dalam laboratorium.

Kini, STEVE sedang dalam kondisi kritis dan menjalani perawatan. Knightscope Inc berkata bahwa setelah sehat kembali, STEVE akan melanjutkan pekerjaannya di berbagai tempat, termasuk sebuah aquarium.

Sementara itu, robot pengganti akan mengisi kekosongan STEVE dan menjaga keamanan Washington DC. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com