Video Viral Ungkap Penemuan Alien dan Inilah Komentar Para Ilmuwan - Kompas.com

Video Viral Ungkap Penemuan Alien dan Inilah Komentar Para Ilmuwan

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 27/06/2017, 16:38 WIB
Discovery Alien

KOMPAS.com - Seseorang yang tak diketahui identitasnya menyebarkan video yang memuat klaim penemuan alien oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Video itu beredar viral dalam waktu hampir bersamaan dengan penemuan 219 planet alien (baca: planet di luar tata surya) pada akhir minggu lalu.

Berikut video viral tersebut.

Pernyataan bahwa NASA semakin dekat dalam menemukan kehidupan di luar bumi memang benar. Yang tak tepat adalah bahwa video itu menyatakan bahwa alien telah ditemukan.

Thomas Zurbuchen dari Direktorat Misi Sains NASA mengungkapkan, beragam misi memang telah dilakukan untuk menemukan kehidupan di luar bumi tetapi ia membantah klaim bahwa organisasinya telah menemukan.

Kepada Newsweek, Selasa (27/6/2017), Zurbuchen menuturkan, misi menemukan dunia serupa bumi dan bentuk kehidupan lain memahg akhir-akhir ini berkembang pesat.

Misi Kepler yang diluncurkan pada tahun 2009 misalnya, telah menemukan 4.000 planet yang berpotensi layak huni dan 30 diantaranya

Tim astronom dalam publikasinya di jurnal Nature 24 Agustus 2016 lalu juga mengungkap keberadaan planet berpotensi layak huni di Proxima Centauri, bernama Proxima b.

Sejauh ini, planet yang berjarak sekitar 40 triliun kolometer dari bumi itu merupakan dunia berpotensi layak huni terdekat.

Baca: Planet Layak Huni Terdekat Ditemukan, Cuma di Seberang Kompleks Tata Surya Kita

Astronom lain juga menemukan tanda-tada bahwa sejumlah bulan Saturnus, seperti Titan dan Enceladus, punya lautan di bawah permukaan esnya.

Keberadaan lautan itu menjadi pertanda bagus. Sejauh ini, para pakar astrobiologi meyakini, salah satu syarat dunia layak huni adalah adanya air dalam bentuk cair.

Baca: Lautan Luas Tersembunyi di Bawah Lapisan Es Bulan Saturnus

Direktur NASA Charles Bolden menuturkan, "Kami yakin suatu saat akan menemukan bentuk kehidupan lain, jika tak di tata surya, maka di tempat lain."

Namun, ia menyatakan, saat ini belum ada penemuan apapun. Ia juga menolak untuk memprediksi waktu manusia bisa menemukannya.

Astronom Neil deGrasse Tyson menuturkan, manusia mungkin akan mendapatkan bukti jelas adanya kehidupan di tempat lain 50 tahun lagi.

Peneliti NASA, Ellen Stofan, mengatakan, manusia akan punya "indikasi kuat adanya kehidupan lain dalam satu dekade ini dan mendapatkan buktinya 30 tahun lagi."

Salah satu harapan penemuan planet layak huni dan bentuk kehidupan di luar bumi adalah James Webb Teelescope yang akan diluncurkan pada 2018.

PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM