Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Sebenarnya Akan Anda Alami jika Main "Blue Whale Challenge"

Kompas.com - 03/05/2017, 20:02 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Blue Whale Challenge dikaitkan dengan bunuh diri pada 130 remaja. Apa yang akan Anda alami jika memainkannya? Apakah Anda pasti akan bunuh diri?

Koresponden Radio Free Europe dalam laporannya mengungkapkan hasil penelusurannya pada permainan yang diklaim mematikan itu. Hasil penelusuran memberi gambaran tentang apa yang akan dialami bila memainkannya.

Baca Juga: Mari Skeptis, Benarkah Blue Whale Challenge Memicu Bunuh Diri"?

Dalam komunitas daring Blue Whale, sang koresponden mengaku sebagai gadis berumur 15 tahun dan membuat posting, "Saya ingin memainkan ini."

Setelah posting itu keluar, seseorang yang mengaku sebagai kuartor "Blue Whale" mengatakan, "Apakah kamu yakin? Tak ada jalan kembali."

"Yakin. Apa maksudnya tak ada jalan kembali?" tanya sang koresponden. Lalu sang kurator menjawab "Anda tak bisa kembali sekali memulai permainan."

Kurator akan menguraikan aturan permainan. "Lakukan tugas dengan baik dan tak seorang pun boleh tahu. Jika sudah siap, kirimkan fotomu. Di akhir permainan, kamu akan mati. Siap," demikian sang kurator menjelaskan.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Setelah Kematian? Ini Jawabannya Menurut Genetika

Saat sang koresponden bertanya apa yang terjadi bila pemain membatalkan permainan di tantangan terakhir, sang kurator akan mengatakan, "Saya sudah punya semua informasi tentang kamu. Saya akan langsung datang."

Kurator akan menerangkan, setiap pemain akan mendapatkan 50 tugas yang harus diselesaikan dalam 50 hari. Sang kurator menyatakan, dirinya akan membantu setiap pemain.

Namun yang mengejutkan, sang kurator akan mengatakan, "Hari terakhir adalah akhir permainan. Jika kamu mati maka kamu menang. Jika tidak, saya akan membantumu."

Apakah Anda Pasti Mati?

Melihat sekelumit kata-kata sang kurator dan secuplik pengalaman itu, apakah Anda pasti akan terbujuk untuk melakukan bunuh diri setelah permainan?

Hasil penelusuran Radio Free Europe mengungkap, bunuh diri atau tidak tergantung pada seberapa rasional Anda saat menerima tiap tantangan.

Dalam permainan itu, banyak juga kurator-kurator palsu. Kurator palsu kadang memanfaatkan permainan untuk meminta uang.

Stefan, seorang pemain berusia 15 tahun dari Rusia mengatakan, ia pernah diminta tiga kurator berbeda untuk mengirimkan uang 3,5 dollar AS. Ia tak punya uang sehingga mengeblok akun.

Baca Juga: Mengapa Manusia Melihat Cahaya Terang Saat Mendekati Kematian

Anda bahkan bisa melarikan diri. Ketika mendapat tugas bunuh diri, Anda bisa mengeblok akun orang yang dianggap kurator.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com