Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Situs Pemujaan Ditemukan di Banjarnegara

Kompas.com - 21/10/2013, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Sebuah situs cagar budaya kembali ditemukan di Bukit Pangonan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Struktur bangunan berupa fondasi batu persegi tersebut diperkirakan bukan bagian dari konstruksi candi, melainkan semacam tempat pemujaan atau meditasi umat Hindu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa, Alif Faozi, Minggu (20/10/2013), mengatakan, situs tersebut ditemukan tidak berjauhan dari lokasi penemuan candi di Bukit Pangonan di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut pada akhir September lalu. Letak situs berada tepat di bawah bangunan miniatur candi yang ditemukan atau sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.

”Secara tidak sengaja, warga melihat beberapa bongkahan batu yang berserakan di titik yang akan dipromosikan sebagai lokasi pandang matahari terbit. Setelah itu, kami bersihkan tanah yang menumpuk di atasnya,” ujar Alif. Warga pun menghubungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara.

Fondasi batu datar berukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter tersebut terletak di lereng bukit sebelah timur. Warga juga menemukan banyak batu bagian candi di balik rerumputan atau pepohonan di sekitar situs tersebut.

Kepala Subbagian Tata Usaha UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aryanto mengatakan, dari penelitian awal diperkirakan fondasi batu lempeng tersebut merupakan tempat meditasi atau belajar agama seperti bangunan Darmasala di sekitar kompleks Candi Arjuna Dieng.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Winda Artista Harimurti, mengatakan, tidak tertutup kemungkinan Bukit Pangonan pada sekitar abad ke-8 menjadi tempat pemujaan umat Hindu selain kompleks Candi Arjuna yang berada di bagian lembah. (GRE/KOMPAS CETAK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com