Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Dunia Kesehatan Lewat KJSF 2013

Kompas.com - 22/09/2013, 15:47 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — "Coba tebak alat apa ini?"

"Mikroskop."

"Gunanya untuk apa?"

"Untuk melihat bakteri."

Begitulah salah satu percakapan yang terjadi antara penjaga stan di Kalbe Junior Science Fair (KJSF) 2013 dengan anak-anak yang mengunjunginya.

KJSF adalah pameran sains yang diselenggarakan oleh Kalbe Farma bersama PT Pembangunan Jaya Ancol. Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan minat anak pada sains.

Mengusung tema maritim, KJSF tahun ini mengajak anak-anak untuk mengenal beragam bidang sains, salah satunya kesehatan.

Di salah satu stan dalam wahana bernama Kalbe City, di mana percakapan di atas terjadi, anak-anak diajak untuk mengenal laboratorium, peralatannya, dan apa saja yang dilakukan di sana.

Sabtu (21/9/2013), misalnya, anak-anak diajak untuk mengamati amilum atau zat tepung. Anak-anak diajak mengenal bahwa mikroskop juga bisa berfungsi untuk mengamati molekul tertentu.

Dalam stan itu, anak-anak juga bisa mengenal beragam macam bakteri, virus, serta pentingnya mencuci tangan untuk kesehatan.

Laboratorium hanyalah salah satu stan yang disediakan. Beberapa stan lain menyajikan hal-hal yang tak kalah menarik bagi anak-anak.

Di Milk Factory, anak-anak diajak mengenal proses pembuatan susu bubuk dari proses pengeringan hingga pengemasan.

Sementara di stan Apotek, anak-anak diajak mengenal profesi apoteker, obat-obatan di apotek, serta kegiatan yang berlangsung di dalamnya.

Pameran ini mendapat tanggapan positif dari anak-anak. Mereka tampak antusias mengunjungi setiap stan dan mempelajari yang ada di dalamnya.

Dari tiga stan terkait kesehatan saja, anak-anak bisa belajar beragam bidang sains, profesi terkait sains, serta kegiatan kesehatan selain di rumah sakit yang umumnya telah dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com