Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Inovasi Anak Dipamerkan di KJSF 2013

Kompas.com - 22/09/2013, 15:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah sembilan inovasi anak sekolah dasar dipamerkan di ajang Kalbe Junior Science Fair (KJSF) 2013 yang berlangsung hingga Minggu (22/9/2013) hari ini di Ecovention, Ancol. Inovasi yang dipamerkan adalah karya para pemenang Kalbe Junior Scientist Award.

Salah satu karya yang menarik adalah Alat Penjernih Asap Portable buatan Alexander Fleming Setiabudi dari Chromoscience Club. Alexander membuat alat tersebut untuk membantu menciptakan udara bersih yang sangat diperlukan penderita asma sepertinya.

Alat penjernih asap portable itu dibuat dari kotak berbahan akrilik yang diberi lubang, kipas bertenaga bateria 9 Volt, kapas, dan karbon aktif. Setelah diuji, ternyata alat efektif untuk membersihkan udara pada jarak 40 cm.

Karya menarik lain adalah briket yang terbuat dari serbuk gergaji ulin dan lanan. Karya buatan siswa-siswa SDN SN Pasar Lama Banjarmasin ini dibuat untuk menyediakan bahan bakar altrernatif bagi masyarakat.

Sementara, ada pula Automatic Feeding Fish yang dibuat oleh Diva Tsabita Shabrina Aziz dan Nisrina Kamilah Al Hafizh. Alat itu dibuat untuk menyelesaikan persoalan pemeliharaan ikan. Dengan alat itu, pemilik tak perlu lagi khawator ikan akan mati kelaparan karena ditinggal pergi.

Karya-karya siswa yang dipamerkan merupakan sembilan diantara 655 karya dari 19 provinsi yang diterima panitia Kalbe Junior Science Award dan dianggap paling layak untuk dipamerkan. Alat-alat lain yang juga dipamerkan antara lain lampu indikator penanda untuk lari pagi dan proses pengawetan ikan ala nenek moyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com