Sabtu, 1 November 2014

News / Sains

Lagu "Selamat Ulang Tahun" Dinyanyikan di Mars

Selasa, 6 Agustus 2013 | 14:23 WIB
NASA Potret Curiosity di Rocknest. Di sisi kanan Curiosity terdapat Gunung Sharp yang menjulang setinggi 5 km dari Kawah Gale sebagai latar.

KOMPAS.com — Memperingati setahun Curiosity berada di Mars, lagu "Selamat Ulang Tahun" dinyanyikan di planet tersebut pada Selasa (6/8/2013) waktu Indonesia. Siapa gerangan yang menyanyikan lagi tersebut?

Diberitakan Discovery, Senin (5/8/2013), ternyata lagu itu "dinyanyikan" oleh Curiousity. Ya, Curiosity menyanyikan lagu ulang tahun untuk dirinya sendiri. Tentu saja, para ilmuwan pengendali misi Curiosity yang memungkinkan ini terjadi.

Curiousity mendarat di Mars pada 6 Agustus 2012 lalu. Wahana penjelajah ini dilengkapi sebuah laboratorium kimia organik bernama Sample Analysis on Mars (SAM).

"Untuk merayakan ulang tahun SAM dan Curiousity di Mars, kami memutuskan untuk memainkan sebuah lagu. Maka jika ada seseorang yang mendengarkannya di Mars, dalam sebuah kesempatan khusus, mereka akan mampu mendengarkan lagu ini," ujar Florence Tan, pimpinan Electrical Engineer di Goddard Space Flight Center.

Lagu "Selamat Ulang Tahun" bisa dinyanyikan berkat pemanfaatan kemampuan SAM meresonansi bunyi dari beragam frekuensi. Kemampuan ini biasanya digunakan SAM untuk menyaring kotoran yang ikut pada sampel yang diambil.

Selama setahun ini Curiosity dan SAM sudah memberikan banyak informasi bagi para peneliti di Bumi, tetapi perjalanan mereka masih panjang. "Kami menemukan banyak hal dan masih ada lebih banyak hal yang menunggu untuk ditemukan," ujar Tan. 

Lagu "Selamat Ulang Tahun" seperti yang dinyanyikan Curiosity bisa didengarkan pada video berikut. (Dyah Arum Narwastu)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Yunanto Wiji Utomo