Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2013, 19:16 WIB

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com — Teori kontroversial tentang evolusi manusia mendapat dukungan. Dalam teori yang digagas oleh seorang biolog Inggris bernama Sir Alister Hardy itu dinyatakan bahwa manusia berevolusi dari kera akuatik yang banyak menghabiskan hidupnya di air.

Salah satu pendukung teori yang pertama kali dicetuskan 50 tahun lalu ini adalah ilmuwan bernama David Attenborough. Para pendukung teori tersebut akan mengadakan konferensi di Inggris minggu depan.

Proses evolusi manusia, menurut teori tersebut, bermula ketika kera akuatik bermigrasi ke daratan. Ketika bermigrasi, kera akuatik itu kehilangan bulu-bulu, mulai berdiri tegak untuk menjaga kepala tetap di atas air, serta mulai mengembangkan volume otak yang besar.

Ada beberapa bukti yang mendukung teori ini. Misalnya, nenek moyang manusia selama jutaan tahun hidup di dekat wilayah perairan. Selain itu, manusia memiliki rongga sinus yang besar. Ciri itu sesuai dengan yang dibutuhkan di air, mendukung gaya apung ketika di air.

Ciri lain adalah lapisan lemak yang dimiliki manusia. Ini membedakan manusia dengan kera besar lain. Lapisan lemak sendiri dikembangkan oleh hewan air untuk menjaga suhu tetap hangat di dalam air.

Beberapa ilmuwan setuju dengan teori tersebut. Namun, beberapa yang lain menanggapi skeptis. Chris Stringer dari Natural History Museum di London mengatakan, penjelasan soal evolusi dari kera akuatik itu masuk akal, tetapi rentang waktunya tak sesuai.

Stringer, seperti dikutip Daily Mail, Senin (29/4/2013), mengungkapkan, "Jika memang mereka asal usul kita, akan butuh waktu jutaan tahun di ekosistem air dan tidak ada bukti untuk hal ini. Ini belum mempertimbangkan faktor seperti adanya buaya yang membuat ekosistem sangat berbahaya."

Meski demikian, pendukung teori evolusi dari kera akuatik ini tetap kukuh pada pendapatnya. Mereka mengajukan bukti biokimiawi, di antaranya soal Docosahexaenoic acid (DHA), asam lemak omega 3 yang ditemukan pada makanan laut. Senyawa itu memicu pertumbuhan otak pada mamalia.

Michael Crawford dari Imperial College London mengungkapkan bahwa tanpa DHA, manusia takkan mengalami perkembangan otak yang signifikan. Hal itu, menurut pendukung teori tersebut, adalah bukti bahwa manusia berevolusi dari primata air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com