Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bocoran Harga Jual Mobil Listrik Menristek

Kompas.com - 15/04/2013, 09:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan bahwa mobil sedan listrik yang tengah dikembangkannya nantinya diharapkan bisa dijual dengan harga kurang dari Rp 100 juta setelah diproduksi massal.

"Ini kan sebenarnya sesuai instruksi presiden akan dijadikan low cost green car sehingga nanti memang kita harapkan bisa dijual dengan harga kurang dari Rp 100 juta," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013).

Telah diberitakan sebelumnya bahwa Menristek tengah mengembangkan mobil sedan listrik. Saat ini, mobil tersebut telah pada tahap akhir pengembangan. Rencananya, dalam satu atau dua bulan ke depan mobil bakal siap diluncurkan.

Mobil sedan listrik itu rencananya akan diberi nama Hevina Sedan. Menurut Gusti, pengembangan mobil listrik itu telah mengalami kemajuan dibanding mobil listrik sebelumnya. Baterai misalnya, pada Hevina Sedan sudah merupakan hasil rakitan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bila mobil listrik Tucuxi Dahlan Iskan yang membuat heboh beberapa waktu laku menghabiskan dana Rp 3 miliar untuk pengembangannya, Hevina Sedan bahkan tak sampai sepertiganya, alias kurang dari Rp 1 miliar.

Gusti mengatakan, pengembangan mobil listrik memang akan terus dilakukan. Tahun 2013, Kemenristek telah menganggarkan dana untuk pengembangannya. Pengembangan akan difokuskan pada komponen baterai.

Hevina Sedan nantinya akan menjadi alternatif mobil dinas Gusti. Pemakaiannya sekaligus menjadi uji coba kelayakan pakai mobil tersebut. Sementara itu, belum dipastikan kapan Hevina Sedan akan diproduksi massal.

 

Baca juga:

Mobil Listrik Menristek Pakai Girboks

Menristek Bakal Pakai Sedan Listrik untuk Mobil Dinas

Mobil LIstrik Menristek Lebih Murah dari Tucuxi Dahlan Iskan

Mobil Listrik Menristek Diperkenalkan Bulan Depan

Ssstt, Menristek Bikin Mobil Listrik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com