Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menristek Bakal Pakai Sedan Listrik untuk Mobil Dinas

Kompas.com - 12/04/2013, 18:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi rencananya akan dipakai Menristek, Gusti Muhammad Hatta, sebagai mobil dinas.

"Nanti akan saya pakai sebagai mobil dinas, berganti-gantian dengan mobil dinas sekarang. Ini sekaligus untuk ujicoba," kata Gusti saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013).

Gusti mengatakan bahwa mobil yang dikembangkan berbentuk sedan. Diberitakan Kompas Otomotif sebelumnya, mobil tersebut akan dinamai Hevina Sedan.

Menurut Gusti, mobil listrik berbentuk sedan yang dikembangkan saat ini tengah memasuki tahap akhir pengembangan.

"Mungkin dalam satu atau dua bulan ke depan sudah akan diperkenalkan," kata Gusti. Sebelum diperkenalkan, akan dilakukan ujicoba terlebih dahulu.

Menurut Gusti, beberapa kemajuan telah dicapai pada mobil listrik sedan ini. Jumlah baterai dikatakannya lebih sedikit dibanding mobil listrik yang dikembangkan sebelumnya.

Selain itu, baterai yang digunakan juga merupakan hasil rakitan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI).

Gusti mengungkapkan, mobil listrik sedan yang dikembangkan merupakan salah satu bentuk keseriusan Indonesia mengembangkan mobil listrik.

Saat ini, kata Gusti, Indonesia masih terus melakukan pengembangan, terutama pada baterai. "Baterai harus kecil dan sesedikit mungkin namun punya daya besar," katanya.

Sebelumnya, beberapa mobil listrik telah dikembangkan, seperti Tucuxi yang dipamerkan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan Bus Listrik yang dipamerkan pada perayaan Hakteknas 2012 lalu.

Baca Juga :

Ssstt... Menristek Bikin Mobil Listrik

Mobil Listrik Menristek Diperkenalkan Bulan Depan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com