Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Astronot dan Robot "Ngobrol" di Antariksa

Kompas.com - 20/12/2013, 22:51 WIB

KOMPAS.com — Jepang mengatakan, robot yang bisa berbicara pertama sudah tiba di ruang angkasa dan melakukan percakapan dengan astronot Jepang.

Cuplikan video di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS, yang dirilis Jumat (20/12/2013) memperlihatkan robot bernama Kirobo berbicara dalam bahasa Jepang dengan Koichi Wakata.

Wakata mengatakan senang bertemu dengan Kirobo dan menanyakan kepada rekan barunya tentang perasaan berada di alam grafiti nol.

"Saya sekarang terbiasa, tidak ada masalah sama sekali," jawab Kirobo.

Walau Kirobo diam sejenak sebelum menjawab dan Wakata berbicara lebih lambat, percakapan dilaporkan berjalan mulus seiring dengan berjalannya waktu.

Pihak pengembang robot mengatakan, pembicaraan Kirobo tidak diatur. Namun, dia dirancang untuk memberi tanggapan sama seperti manusia dan sekaligus belajar saat melakukan percakapan.

Mereka yakin masa depan terbuka bagi robot berbicara seperti Kirobo, bukan hanya sebagai teman dalam misi ruang angkasa yang panjang, melainkan juga untuk orang-orang yang kesepian di bumi.

Pada prinsipnya, Kirobo memproses pertanyaan yang diajukan kepadanya dan memilih kata dalam perbendaharaannya untuk menyusun jawaban yang relevan.

Kirobo akan kembali ke Bumi pada tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com