Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kemungkinan Lokasi Jatuhnya Phobos-Grunt di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2012, 10:39 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Prediksi terbaru menyebutkan bahwa wahana Phobos-Grunt milik Rusia yang gagal menuju Phobos, bulan Mars, akan jatuh pada 16 Januari 2012.

Selama rentang waktu 9-20 Januari 2012, Phobos-Grunt melewati wilayah Indonesia. Jadi, ada kemungkinan wahana tersebut jatuh di wilayah Tanah Air.

Astronom Ma'rufin Sudibyo lewat aku Facebook, Rabu (11/1/2012), mengatakan, "Bagi Indonesia, daerah yang harus mewaspadai adalah Sulawesi Utara, Pulau Buru, Pulau Seram, Pulau Irian, dan Pulau Biak bagi kawasan timur."

Sementara itu, bagi kawasan Indonesia barat, daerah yang harus mewaspadai adalah seluruh pulau Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Sejauh ini, tidak ada prediksi pasti di mana dan kapan Phobos-Grunt jatuh. Rentang wilayah jatuhnya wahana ini sangat luas, yaitu 51 derajat LU hingga 51 derajat LS.

Ma'rufin mengingatkan, "Perhatian terbesar harus difokuskan ke Laut Arafura dan Pulau Irian karena di sinilah kemungkinan terbesar Phobos-Grunt bakal jatuh."

Kemungkinan wahana jatuh di daratan atau kawasan padat penduduk. Namun, kemungkinan lain tetap ada sehingga perlu diwaspadai.

Ma'rufin mengingatkan bahwa jika wahana nanti benar-benar jatuh di daratan, warga diminta untuk tidak mendekati ataupun menyentuhnya. Warga juga diminta melaporkan ke pihak berwenang, yakni Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com