Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 3,4 Guncang Lampung Selatan Terasa sampai Merak

Kompas.com - 12/02/2020, 11:29 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (12/2/2020), gempa tektonik berkekuatan M 3,4 mengguncang wilayah Lampung Selatan dan sekitarnya, pada pukul 10:06.04 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempabumi yang terjadi tersebut terletak pada koordinat 5,87 LS dan 105,75 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak 24 kilometer tenggara Lampung Selatan dengan kedalaman 1 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, ST, MSi menyampaikan, dari tinjauan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa bumi dangkal.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," kata dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang Laut Seram Maluku Sudah 2 Kali Susulan

Dampak gempabumi

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan dari laporan masyarakat, dampak gempabumi dirasakan di beberapa wilayah sekitar.

Masyarakat yang tinggal di wilayah Panengahan Lampung Selatan, Ciwandan Cilegon, dan Merak merasakan gempa dalam skala intensitas II MMI atau getaran ringan diraskaan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Dinyatakan Hendro, hingga laporan BBMKG wilayah II Tangerang ini dibuat pukul 10:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,1 Guncang Pulau Miangas Sulut, Terasa Cukup Kuat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com