Seri Hewan Nusantara: 4 Spesies Baru Kumbang Epholcis dari Maluku

Kompas.com - 12/02/2020, 10:03 WIB
Kumbang baru tersebut berasal dari genus Epholcis. DOK.LIPIKumbang baru tersebut berasal dari genus Epholcis.

KOMPAS.com - Empat spesies baru kumbang Chafer atau Coleoptera: Scarabaeidae telah ditemukan di Kepulauan Maluku. Tepatnya di Halmahera, Obi dan Kepulauan Ternate.

Kumbang baru tersebut berasal dari genus Epholcis. Hingga saat ini tercatat 10 spesies Epholcis yang berhasil ditemukan oleh para peneliti.

Enam diantaranya telah terindentifikasi pada tahun 1957 oleh Britton di New Queensland dan New South Wales, Australia.

Penemuan dan identifikasi empat spesies terbaru ini dilakukan oleh peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Raden Pramesa Narakusumo bersama Michael Balke dari Zoologische Staatssammlung Munchen, Jerman.